Apakah Anda adalah pemilik bisnis, tetapi belum memiliki website bisnis? Segera lah untuk membuatnya karena, website bisnis dapat memberikan banyak manfaat bagi pemasaran bisnis Anda. Website bisnis membuka peluang yang besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan berbagai macam tipe konsumen.

Website bisnis akan berguna bagi konsumen yang sedang mencari bisnis yang sesuai dengan kebutuhannya di internet, bagi konsumen yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang informasi bisnis, dan bagi konsumen yang mencari informasi kontak untuk dihubungi baik melalui telepon atau e-mail. Kemudahan akses internet untuk mencari segala macam informasi tentu perlu dimanfaatkan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat website bisnis yang efektif.

  1. Pilih kategori website bisnis

Terdapat tiga kategori website bisnis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pertama, website yang sederhana dan informatif yang menyediakan informasi mengenai bisnis. Kedua, website e-commerce yang memungkinkan bisnis untuk menjual produk atau jasa. Dan ketiga, website dengan orientasi konten yang utamanya bergantung pada format blog. Tentukan kategori website apa yang sesuai dengan bisnis Anda, karena tidak semua kategori dapat sesuai dengan karakter bisnis. Setelah menentukan kategori, pilih platform yang akan digunakan. Terdapat banyak sekali platform seperti WordPress, Blogger, Joomla, Drupal, HTML.

  1. Tentukan nama domain

Nama domain adalah alamat dari website. Pemilihan nama domain dapat dilakukan sepanjang atau sesederhana apapun selama belum ada yang menggunakan domain tersebut. Untuk sebuah bisnis, akan lebih berguna jika nama domain yang dipilih relevan dengan apa yang dilakukan karena nama domain merupakan kontak pertama yang didapat oleh konsumen. Untuk membuat nama domain, dibutuhkan dua macam biaya. Pertama, biaya untuk membuat nama domain. Kedua, biaya untuk menjaga nama domain tetap aktif setiap tahun. Nama domain dapat dibeli di berbagai macam penjual domain seperti Bluehost.com, GoDaddy, NameCheap dan masih banyak lagi.

  1. Back-end Web Development

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membangun sistem database dalam website. Hal ini terkait dengan back-end web development yang dapat diibaratkan seperti ruang penyimpanan suatu toko, yang tentunya tidak dapat dimasuki oleh pelanggan atau pengunjung toko, tetapi bagian ini sangat penting untuk mengatur database secara keseluruan dalam website. Untuk itu, diperlukan penggunaan bahasa pemrograman seperti PHP dan SQL, serta diperlukan pemahaman tentang HTML dan CSS untuk menyediakan data yang tertata rapi.

  1. Desain website untuk User Interface dan User Experience

Desain website berperan penting untuk menampilkan brand image dan memberikan pengalaman pada pengunjung atau pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan front-end web development yang mengatur secara keseluruhan bagian depan website yang berinteraksi secara langsung dengan pengunjung web, seperti menu, tombol interaksi, serta media-media yang diperlukan (gambar, foto, info grafik, ataupun video) untuk mengefektifkan user interface dan menciptakan user experience ketika menjelajahi website.

  1. Mengunggah konten website secara reguler

Penting untuk diingat bahwa website bisnis adalah sebuah kerangka untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, website harus selalu diisi dengan konten dan informasi yang berkualitas secara reguler. Isi konten bergantung pada jenis bisnis yang dilakukan, namun ada beberapa konten esensial yang perlu disediakan seperti profil bisnis, deskripsi bisnis, dan informasi kontak.

Membangun website bisnis bukanlah menjadi sesuatu yang sulit, tetapi semua bergantung pada bagaimana Anda sebagai pebisnis melihat peran penting dari website bisnis tersebut. Bahkan, tidak perlu membuat website bisnis yang terlalu mahal atau menghabiskan terlalu banyak waktu. Setelah memahami cara membuat website, tentu akan semakin mudah bagi Anda untuk mengatur website ke depannya. Teruslah bereksperimen dan mengembangkan website bisnis Anda.

DID&Co. yang telah berpengalaman di bidang content marketing dapat membantu Anda dalam memberikan informasi dan strategi untuk membangun website yang efektif di internet. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang web development dan optimasi website bagi bisnis Anda, dapat menghubungi tim kami pada email marketing@didand.co.id.

Related posts