Virtual Private Network atau yang biasa disingkat VPN menciptakan koneksi yang aman dengan jaringan lain pada internet. VPN sendiri berfungsi untuk memproteksi aktivitas browsing anda. 

 

VPN menghubungkan komputer, smartphone, atau tablet anda pada perangkat komputer lain (atau disebut server) yang ada di internet. Selanjutnya anda dapat browsing menggunakan koneksi internet pada komputer tersebut. Apabila server tersebut berada di negara lain, anda otomatis akan mendapatkan akses ke website-website yang dibuka aksesnya di negara tersebut.

 

Dengan kata lain, perangkat anda akan berada pada jaringan lokal yang sama seperti VPN yang sedang anda gunakan. 

 

Apa saja fungsi VPN?

 

Selain dapat mengakses situs yang biasanya diblokir di negara anda, VPN juga dapat digunakan sebagai alat remote desktop. Misalnya, kantor anda menggunakan jaringan khusus. Anda dapat set up VPN untuk mengakses jaringan kantor anda ketika anda sedang tidak di kantor.

 

Anda juga dapat menggunakan VPN untuk menyembunyikan rekam jejak pencarian anda. Hal ini sebetulnya memproteksi privasi anda secara online, mengingat semua yang anda lakukan online mudah terlacak.

 

Bagaimana memilih server VPN?

 

Memilih server VPN bukanlah hal yang sulit; banyak sekali aplikasi VPN yang dapat anda gunakan. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Untuk Anda dapat mencoba beberapa VPN gratis terbaik versi top10vpn.com seperti ExpressVPN, NordVPN, atau CyberGhost.

Related posts