Screen Recording

Kemampuan smartphone untuk merekam layar bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan kebanyakan smartphone sekarang dilengkapi oleh fitur perekam layar yang merupakan bawaan dari ponsel tersebut ataupun aplikasi yang dapat diunduh di App Store atau Google Play Store. Namun, apa jadinya kalau sebuah aplikasi merekam layar penggunanya secara diam-diam?

 

Ketika sebuah aplikasi memperkenalkan fitur pengumpulan data untuk analisa, memang terkesan lumrah. Akan tetapi, saat ini terdapat cukup banyak aplikasi-aplikasi pada iPhone yang merekam layar tanpa sepengetahuan penggunaannya. Para peneliti menyebutkan adanya kemungkinan para pengembang aplikasi tersebut untuk dapat melihat aktivitas yang dilakukan oleh pengguna dengan cara merekam layar smartphone mereka.

 

Dikutip dari The Verge, pada kuartal kedua tahun 2018 lalu, para peneliti melakukan uji terhadap lebih dari 17 ribu aplikasi. Hasilnya, lebih dari 9.000 aplikasi ternyata memang memiliki izin untuk mengakses kamera dan mikrofon. Dengan begini, pengembang memata-matai tidak hanya melalui rekam layar, namun juga menguping pemiliknya saat berbicara. Semua data akan dikirim ke server aplikasi tersebut untuk dapat kemudian dianalisa.

 

Menurut laporan TechCrunch, terdapat banyak aplikasi di iOS yang menggunakan jasa perusahaan analitis bernama Glassbox. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah aplikasi yang banyak diunduh dan populer, seperti Air Canada, Abercrombie & Fitch, Expedia, Singapore Airlines, Hotels.com, dan lainnya. Mereka menggunakan jasa Glassbox untuk mengetahui perilaku penggunanya.

 

Walaupun tujuan utamanya adalah untuk pengumpulan database guna memperbaiki produknya, privasi pengguna adalah hal yang tidak boleh dilanggar. Sebaiknya anda berhati-hati terhadap aplikasi-aplikasi yang anda gunakan, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait pengembangan aplikasi yang efektif, aman dan sesuai dengan kebutuhan, hubungi tim DID&Co. untuk meningkatkan efektifitas bisnis Anda. Selain itu, DID&Co. juga membantu menjalankan program maintenance untuk memastikan bahwa performa aplikasi selalu berjalan optimal. Hubungi tim kami melalui marketing@didand.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Related posts