Jasa Social Media Management

YouTube adalah salah satu platform terbesar saat ini yang digunakan oleh hampir setiap orang. Setiap bulan ada sekitar 1,5 juta pengguna yang mengunggah ke platform ini dan sekitar lebih dari 1 miliar jam konten YouTube ditonton setiap harinya. Oleh karena itu, platform ini sangat tepat untuk digunakan bagi promosi untuk mengembangkan bisnis. Kesempatannya sangat besar untuk menciptakan hubungan dengan para konsumen potensial. Seperti apa saja iklan-iklan yang ada di YouTube?

Terdapat lima macam jenis iklan di YouTube, diantaranya adalah:

1. Truview Ads

Iklan ini biasanya muncul diawal video dan bisa di skip setelah 5 detik. Maka sangat penting untuk memanfaatkan 5 detik pertama agar membuat penonton tertarik. Truview Ads merupakan cara yang sangat baik untuk mengiklankan bisnis, karena dapat meningkatkan engagement sebesar 500%. Sistem iklan ini cukup hemat secara budget, karena Anda hanya akan membayar jika iklan ditonton selama 30 detik.

2. Non-skipable Ads

Pasti semua orang pernah mengalami hal ini ketika sedang nonton YouTube, seringkali iklan yang muncul di awal video tidak dapat di skip dan harus menunggu hingga iklan usai. Durasi iklan ini berputar sekitar 15-20 detik. Iklan seperti ini memiliki pengaruh yang lebih dalam terhadap penonton. Namun risikonya adalah iklan ini dapat membuat penonton merasa terganggu dan menutup iklan tersebut.

3. Bumper Ads

Iklan ini secara teknis seperti iklan yang tidak dapat di skip, tapi hanya muncul selama maksimal selama enam detik. Jangka waktunya yang pendek membuat iklan ini cocok untuk para pengguna handphone. Membuat iklan berjangka waktu enam detik memang sangat mudah, namun Anda perlu memanfaatkan waktu enam detik tersebut untuk benar-benar memikat para penonton agar tertarik dengan produk yang sedang diiklankan.

4. Overlay Ads

Overlay Ads adalah iklan yang seringkali terlihat muncul di bawah video ketika Anda sedang menonton. Iklan ini bisa berupa banner tulisan sederhana atau gambar. Umumnya iklan ini tidak terlalu mengganggu selama pemutaran video, namun cukup menarik perhatian.

5. Display Ads

Iklan ini muncul di atas daftar suggestion video. Banyak suggestion video yang dilakukan oleh YouTube dan umumnya video yang muncul adalah yang sesuai dengan video yang sering Anda tonton. Posisi tersebut memberi kesempatan pada iklan yang dipasang untuk mendapatkan perhatian dari para pengguna YouTube.

Setiap iklan yang telah disebutkan ini dapat diatur melalui AdWords yang memungkinkan Anda untuk melipatgandakan pencapaian secara maksimal. Anda perlu membuat Campaign dan memilih video apa yang ingin dijadikan iklan. Kemudian pilih budget sesuai dengan anggaran, budget ini bisa diatur per hari, jumlah maksimal yang diinginkan bayar per hari ataupun sesuai dengan jumlah penonton iklan. Lalu pilih di mana iklan ingin ditampilkan. Pilih lokasi di mana iklan ini akan di munculkan, pastikan sesuai dengan jenis bisnis yang sedang iklankan. Terakhir, jangan lupa untuk menentukan target pasar sesuai dengan produk yang sedang dipromosikan.

Hubungi tim kami melalui untuk konsultasi mengenai penggunaan YouTube Ads untuk membangun bisnis Anda.

Related posts

close Go to compare table