Saat ini content marketing telah menjadi kebutuhan banyak brand. Di balik setiap brand hebat, ada konten yang menarik dan relevan, serta  memiliki engagement yang baik dengan target audience. Melalui content marketing, perusahaan / brand dapat menginspirasi dan berinteraksi langsung dengan audience yang tepat, mendorong audience untuk klik situs web atau blog, mengarahkan audience untuk mengambil tindakan seperti bergabung dengan komunitas sosial yang dibentuk, membantu pelanggan untuk membuat keputusan pembelian, serta dapat memaksimalkan efisiensi bisnis.

 

Namun selain poin-poin diatas, Anda mungkin masih bertanya-tanya mengapa content marketing itu penting?  Berikut beberapa faktanya;

 

  1. Meningkatkan reputasi brand dengan membangun kepercayaan melalui content marketing.

Dengan terbentuknya reputasi brand yang positif, maka kepercayaan dengan pelanggan dan calon pelanggan akan semakin kuat. Konten yang menarik, edukatif, dan memberikan nilai tambah, dapat membantu pelanggan dan calon pelanggan mengetahui dan memahami produk atau jasa yang Anda tawarkan, dan secara bersamaan membangun dan memperkuat kepercayaan dengan brand Anda. Selain itu, melebarkan distribusi konten melalui publikasi pihak ketiga atau berbagi konten Anda dengan influencer juga dapat membantu meningkatkan awareness serta memperkuat  hubungan dan kepercayaan dengan target audience.

 

  1. Konten berkualitas membantu memengaruhi konversi.

Berikut beberapa fakta statistik terkait dengan  pentingnya content marketing dalam meningkatkan konversi situs web:

  • Content marketing memberikan tingkat konversi sekitar 6 kali lebih tinggi daripada metode pemasaran digital lainnya. (ABG Essentials)
  • Menurut 74% perusahaan yang disurvei, content marketing telah meningkatkan prospek pemasaran mereka, baik kuantitas maupun kualitas. (Curata)
  • Konten video dapat membantu memberikan ROI yang besar dan meningkatkan konversi secara signifikan, menurut 72% bisnis yang disurvei. (CrazyEgg)
  • Menurut data HubSpot, tingkat konversi situs rata-rata (dari 6 hingga 12%) karena upaya content marketing mereka. Content marketing berkualitas secara signifikan dapat membantu meningkatkan tingkat konversi situs web Anda.

 

  1. Konten memengaruhi hampir semua strategi daring lainnya

Konten berperan sebagai strategi pelengkap untuk hampir semua strategi pemasaran online lainnya:

  • Konten membantu SEO dengan menyediakan lebih banyak web dan meningkatkan otoritas domain Anda (serta mendapatkan tautan masuk). Inbound marketing seperti SEO dan social media marketing termasuk menjadi strategi pemasaran yang efektif.
  • Dapat mendorong lebih banyak pendaftaran email dan digunakan sebagai dasar untuk kampanye pemasaran email.
  • Dapat meningkatkan nilai halaman arahan Anda dan halaman web lainnya.
  • Dapat membantu Anda membangun hubungan dengan merek dan industri online lainnya.

Konten juga memiliki sejumlah efek positif, yaitu:

  • Menarik traffic baru. Jika Anda memposting konten di blog Anda secara konstan, orang akan lebih cenderung menemukan Anda dan mengklik ke situs Anda. Anda juga dapat mendorong interaksi situs lebih lanjut dengan menghubungkan posting blog Anda dengan potongan konten onsite lainnya.
  • Membangun reputasi Anda. Semakin banyak orang melihat konten Anda, semakin mereka akan mengingat brand Anda dan semakin tinggi reputasi Anda dengan orang-orang tersebut.
  • Mendorong kepercayaan dan keyakinan pada brand Anda. Ketika pengunjung tiba di situs Anda karena alasan apa pun, konten Anda dapat mengamankan kepercayaannya terhadap berand Anda, selama konten tersebut kuat, membantu, dan dibuat dengan baik secara keseluruhan sehingga menjadi relevan.
  • Dapat mempengaruhi konversi. Konten yang menarik dapat mendorong konversi langsung, sehingga menghasilkan lebih banyak pendapatan rata-rata untuk setiap pengunjung di situs Anda.

 

  1. Konten mungkin berkembang, tetapi akan selalu penting.

Karena teknologi baru dan tren baru, bentuk dan fungsi konten akan berkembang. Video sudah mulai mengambil alih konten tertulis dalam hal popularitas, dan hanya beberapa tahun yang lalu, konten berfokus pada kata kunci. Tetapi apa pun yang terjadi, konten akan selalu relevan – semua yang berubah adalah cara diproduksi dan cara orang mengaksesnya.

 

Pemasaran konten mungkin merupakan strategi jangka panjang, tetapi semakin cepat Anda mulai berinvestasi di dalamnya, semakin cepat Anda akan mulai melihat manfaatnya – dan sebaliknya, semakin lama Anda menunggu untuk memulai, semakin lama waktu yang diperlukan. Karena, content marketing bukanlah suatu tindakan, melainkan suatu proses. Membangun platform dimana Anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda (bisnis Anda). Strategi konten yang sukses dapat menciptakan lingkungan yang menarik yang membawa pelanggan dan klien target Anda lebih dekat dengan Anda dan membuat Anda lebih mudah dikenali.

 

Hubungi marketing@didand.co.id atau kunjungi www.didand.co.id untuk konsultasi langsung dengan tim kami dan diskusikan strategi content marketing yang tepat untuk brand Anda.

Related posts