facebook-tracking

Kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan amat pesat. Perkembangan ini banyak menunjukkan hal-hal positif di kehidupan sehari-hari. Namun terkadang, teknologi dapat menjadi sesuatu yang menyeramkan. Misalnya saja, sebuah aplikasi pada smartphone bisa selalu mengetahui di mana penggunanya berada.

 

Facebook, sebuah media sosial yang diluncurkan oleh Mark Zuckerberg, menuai protes para penggunanya yang mengaksesnya melalui Android. Pasalnya, mereka merasa Facebook sudah mengganggu privasi mereka. Apabila pengguna menyalakan pelacak lokasi, Facebook pada Android pun melacak lokasi, bahkan ketika mereka sudah keluar dari aplikasi tersebut. Lain halnya dengan iOS yang berhenti melacak lokasi ketika aplikasi ditutup.

 

Dilansir dari CNBC, tim keamanan Facebook memang sengaja menggunakan fitur pelacakan lokasi untuk mendeteksi keberadaan anak magangnya yang tidak masuk kantor. Tidak hanya itu, lokasi para pengguna Facebook yang mencurigakan pun ikut terlacak.

 

Tentu saja, hal ini membuat Facebook menegur Android. Teguran tersebut rupanya membuahkan hasil. Tidak membutuhkan waktu lama bagi Facebook for Android untuk membagikan versi terbarunya di Google Play Store dengan kontrol privasi yang lebih baik. Setelah mengunduh versi terbaru, pengguna Facebook for Android dapat menggunakan fitur pelacak lokasi hanya ketika sedang membuka aplikasi.

 

Menurut sebagian besar orang, ini adalah hal yang sangat mengganggu. Namun, di dunia teknologi, sebuah error atau biasa disebut software bug merupakan sesuatu yang sering terjadi. Bagaimana tanggapan Anda mengenai hal ini? Yang pasti, kita harus tetap waspada akan hal-hal yang bersifat melanggar privasi.

Related posts