Pasti banyak diantara Anda yang pernah mendengar, tahu, bahkan memiliki akun Facebook. Facebook digemari di Indonesia sekitar tahun 2008-2010 dan mencapai pertumbuhan jumlah pengguna hingga ribuan persen.

Selain untuk pribadi, Facebook juga terkenal di kalangan pebisnis. Dengan berbagai fitur dan pengaturan, media sosial ini membawa para penggunanya lebih dekat dengan keluarga dan teman-teman serta mendekatkan bisnis dengan pelanggan.

Salah satu fitur dari Facebook adalah Facebook Messenger. Layaknya chatroom, Facebook Messenger memiliki fitur pengiriman pesan atau chat bagi sesama pengguna Facebook. Fitur ini juga dapat digunakan untuk tujuan bisnis. Berikut hal-hal yang wajib diperhatikan.

  1. Mengatur salam dan balasan instan

Pelanggan tidak suka diabaikan. Mereka akan menghubungi Anda dan menginginkan tanggapan secepat mungkin ketika mereka merasa tertarik dengan produk Anda. Namun bagaimana jika Anda juga sibuk dengan banyak hal sehingga tidak punya waktu untuk membalas pesan para pelanggan?

Inilah saat bagi Anda untuk menggunakan fitur autoreplies. Di Facebook Messenger, Anda dapat menulis pesan berupa salam atau template balasan yang akan dikirim kepada pelanggan ketika mereka mengirimkan pesan. Fitur ini menjaga profesionalitas bisnis Anda tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang lain.

  1. Augmented Reality

Fitur augmented reality hadir pada Facebook Messenger. Pengguna dapat membuka aplikasi kamera dan menemukan banyak filter-filter menarik yang terkait dengan bisnisnya. Sebagai contoh, perusahaan makeup yang membuat pengguna merasa seperti menggunakan make up tersebut, perusahaan automotif yang membuat pengguna dapat melihat warna dan tipe kendaraan yang mereka inginkan tanpa harus mengunjungi showroom. Anda dapat menggunakan fitur ini sekreatif mungkin dan mengaitkan dengan produk yang Anda miliki.

  1. Membagikan lokasi

Berbagi lokasi dengan pelanggan adalah hal yang vital bagi para pebisnis. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengetahui di mana lokasi bisnis Anda berada serta memilih rute terbaik untuk menuju kesana.

Jika Anda belum menggunakan Facebook Messenger, sekaranglah saatnya. Ubah profil Anda menjadi Facebook Business dan mulailah berinteraksi dengan pelanggan melalui Facebook Messenger. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengoptimalan Facebook Messenger, fitur-fitur serta konten yang sesuai untuk bisnis Anda, silakan hubungi marketing@didand.co.id.

Related posts