Instagram merupakan salah satu platform media sosial untuk berbagi foto atau video, yang dapat digunakan untuk memasarkan dan mengembangkan bisnis. Sekitar 500 juta orang menggunakan instagram setiap harinya. Instagram memberikan peluang yang besar untuk menjangkau konsumen-konsumen bisnis. Beberapa bulan yang lalu, instagram memperkenalkan fitur-fitur baru yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Apa saja fitur-fiturnya?

IGTV

IGTV adalah platform video yang baru saja diluncurkan bulan Juni 2018 lalu. Di platform ini, pengguna dapat menikmati video dengan durasi lebih lama, sekitar 10 menit bahkan bisa mencapai 1 jam. Durasi panjang yang ditawarkan oleh IGTV memberi peluang lebih banyak untuk memasarkan brand atau produk sehingga konsumen mendapatkan informasi yang lebih banyak.

Instagram Live

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan video secara live, dimana followers mendapat notifikasi pada saat live tersebut dimulai. Selain itu, followers juga dapat memberi komentar dan like pada live video dan video akan hilang setelah live video selesai. Fitur ini dapat digunakan untuk membangun transparansi dan kepercayaan dengan konsumen dimana Anda dapat menunjukkan aspek menarik lainnya dari bisnis atau apa yang terjadi di balik bisnis.

Ask a question

Fitur ini adalah fitur yang lebih interaktif, question dapat digunakan di insta story dimana Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari followers dengan mengunggah konten berisi ‘Ask me a question’. Selain untuk meningkatkan engagement, fitur ini juga dapat digunakan untuk memahami konsumen lebih dalam, seperti apa yang mereka butuhkan, apa yang disukai konsumen, atau produk apa yang paling digemari mereka.

Tampilan baru di Explore

Kini instagram telah mengupdate tampilan di explore dengan memberi layout baru yang menampilkan topik-topik sesuai dengan ketertarikan pengguna. Topik-topik di explore akan muncul sesuai dengan akun atau hashtag yang sering berinteraksi dengan pengguna. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memikirkan strategi dalam menggunakan hashtag agar dapat menjangkau followers instagram dengan tepat.

Penggunaan fitur-fitur di atas tentunya dapat disesuaikan dengan jenis bisnis dan kebutuhan pemasaran. Sebagai marketers yang menggunakan media sosial, penting bagi Anda untuk selalu mendapatkan informasi mengenai fitur baru di instagram. Yang terpenting bukan hanya penggunaan Ads di media sosial saja, melainkan engagement dengan followers di media sosial yang dapat memungkinkan perkembangan bisnis.

DID&Co. yang bergerak di bidang content marketing, dapat memberikan informasi dan strategi untuk pemasaran konten media sosial, karena pengalaman yang telah kami miliki.

Untuk informasi tentang Social Media Marketing dan penerapannya untuk bisnis Anda, silakan hubungi kami pada email marketing@didand.co.id.

Related posts