Generation Z Visual Search

Ketika anda akan membeli sesuatu secara online, anda tentu akan mencari gambar produk yang hendak anda beli, bukan? Dan bisa saja anda malah membeli produk lainnya yang sejenis, karena anda melihat gambar yang lebih menarik.

 

Anda sedang melakukan pencarian visual. Pencarian visual adalah teknik pencarian yang lebih canggih ketimbang pencarian teks, karena menggunakan gambar untuk menampilkan hasil pencarian tersebut. Ternyata, jenis pencarian ini merupakan favorit para Gen Z.

 

Persis satu generasi setelah milenial, generation Z atau biasa disingkat Gen Z adalah sekumpulan orang yang lahir pada tahun 1996-2010. Walaupun beberapa perilaku mereka tidak jauh berbeda, Gen Z tidak mau disamakan dengan milenial. Milenial masih mengenal aktivitas yang bisa dilakukan tanpa gawai, sementara hal ini sulit dilakukan bagi Gen Z. Mereka cenderung bersifat ketergantungan dalam hal teknologi, seperti misalnya, mereka hampir tidak bisa lepas dari gawai /smartphone mereka.

 

Uniknya, Gen Z sangat menyukai konten visual. Mereka lebih tertarik untuk melakukan pencarian visual ketimbang pencarian teks. Hal ini terjadi karena mereka cenderung sering melakukan beberapa hal sekaligus / multitasking, sehingga fokus yang dimiliki pada satu hal lebih singkat ketimbang milenial. Tidak sempat membaca teks secara cepat, mereka lebih memilih pencarian visual seperti video, infografik, augmented reality, dan lain sejenisnya.

 

Dengan kehadiran Gen Z, pencarian visual berkembang lebih pesat. Saat ini, mesin pencarian seperti Google, Bing, dan Pinterest telah mempunyai teknologi pencarian visual untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terutama Gen Z. Masa depan pencarian bukanlah lagi tentang kata kunci (keywords), namun lebih kepada gambar. Selain menghemat waktu untuk membacanya, pencarian visual adalah peluang besar bagi bisnis.

 

Pastikan bisnis anda memiliki target audiens yang spesifik. Apabila Gen Z salah satunya, maka anda sebaiknya mempersiapkan konten agar pencarian visual bisnis anda dapat menarik perhatian mereka. DID&Co. dapat membantu anda membuat konsep konten bagi bisnis anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@didand.co.id.

Related posts