Jasa Infrastruktur IT Jakarta

Pencarian suara atau voice search semakin diminati dan berkembang, walau pencarian tradisional masih menjadi idola.

 

Voice search memang lebih mudah dan efektif. Pengguna tidak perlu repot-repot mengeluarkan ponsel, membuka kunci, dan mengetik. Hanya melalui wearable device, mereka sudah bisa melakukan pencarian.

 

Menurut Forbes, di tahun 2020, diperkirakan 30% interaksi dengan website akan dilakukan tanpa menggunakan layar. Disinilah voice search berperan untuk membantu pengguna mendapatkan informasi tanpa harus melihat screen ponsel maupun komputer.

 

Masih di tahun yang sama, Forbes mengestimasikan bahwa separuh dari pencarian online akan berupa pencarian suara. Oleh karena itu, Google dan mesin pencari lainnya senantiasa mengoptimasi algoritma pencarian mereka mengikuti tren yang ada.

 

Sebagai pemasar produk atau jasa, Anda sangat dianjurkan untuk mengikuti tren yang berkembang terus setiap tahunnya ini. Yuk, simak langkah – langkah yang dapat Anda lakukan agar bisnis Anda tidak ketinggalan.

 

  1. Fokus pada SEO lokal

Jika bisnis Anda mempunyai toko, maka Anda dapat memanfaatkan fitur ini dan fokus pada strategi yang efektif. Mulailah dengan melengkapi informasi mengenai bisnis Anda seperti lokasi, nomor telepon, jam buka-tutup, produk yang tersedia, serta harga.

 

        2. Website terbuka dengan cepat

Memiliki website yang responsif dan mobile-friendly sangat menunjang voice search. Pastikan gambar dan file yang diunggah berukuran kecil agar memudahkan pengguna untuk melihat dan mengunduhnya dengan cepat.

 

      3. Gunakan kalimat yang sederhana

Ketika orang melakukan pencarian suara, pertanyaan yang dilontarkan cenderung singkat, juga mudah diterjemahkan oleh AI. Oleh karena itu, ubah semua informasi yang diberikan menggunakan kalimat dan kata kunci yang sederhana namun tetap jelas dan relevan.

Penting bagi Anda dan bisnis Anda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Pastikan optimasi voice search ada di dalam strategi pemasaran produk Anda, ya.

Related posts

close Go to compare table