Sudah berusaha mengunggah post menarik tapi like & comment masih sedikit? Jumlah followers tidak bertambah juga? Hal ini karena algoritma instagram mengalami perubahan sejak setahun yang lalu, yaitu perubahan dari kronologi menjadi algoritmik. Bagi para marketers yang menggunakan instagram untuk menunjang pemasaran, tentu saja perlu memahami algoritma instagram yang baru. Berikut tips agar engagement tetap tinggi dengan algoritma ini.

  1. Unggah foto atau video berkualitas

Jika sebelumnya kualitas foto dan video dalam unggahan tidak terlalu Anda perhatikan, kini saatnya beri lebih banyak effort pada foto dan video yang diunggah. Buatlah foto yang eye catching dan didesain untuk bercerita, sehingga ketika diunggah akan mengundang ketertarikan pengguna instagram. Investasikan budget untuk menggunakan fotografer atau videografer profesional, sehingga mendapatkan foto dan video yang berkualitas.

  1. Cepat dalam membalas komentar

Percayalah, untuk meningkatkan engagement yang semakin kuat, Anda perlu membalas komentar dengan cepat pada foto atau video yang baru saja diunggah. Tips ini terlihat sederhana, namun akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Lagi pula instagram adalah media sosial, tak jauh dari sifat sosial. Anda juga perlu untuk bercakap-cakap melalui saling berbalas komentar.

  1. Seringlah mengunggah instastories

Salah satu cara untuk meningkatkan engagement adalah melalui instastories. Ada berbagai macam fitur pada instastories yang dapat digunakan untuk meningkatkan engagement seperti polling. Fitur ini mengundang followers untuk merespon pada posting, sehingga tingkat engagement akan meningkat. Dengan meningkatnya engagement maka kemungkinan posting Anda muncul di feeds akan semakin besar.

  1. Gunakan hashtag

Penggunaan hashtag yang relevan dan populer akan meningkatkan potensi followers instagram. Hashtag memungkinkan postingan ditemui oleh pengguna-pengguna instagram yang mungkin tidak pernah memfollow akun Anda. Idealnya, jumlah hashtag yang perlu dimiliki sekitar 3-4 set dengan jumlah 30 hashtag setiap setnya.

  1. Unggah konten pada jam aktif

Pengunggahan foto atau video pada jam dimana banyak orang sedang menggunakan instagram merupakan peluang yang besar untuk semakin dekat dengan followers. Buatlah jadwal pengunggahan konten dan ikuti jadwal tersebut secara konsisten. Jika menggunakan akun bisnis, maka Anda dapat melihat jam berapa dan hari apa saja jumlah tertinggi dari followers yang sedang menggunakan instagram.

Setelah mengetahui tips-tips di atas, kini saatnya untuk segera buka instagram dan menggunakan tips-tips tersebut. Bereksperimenlah dengan instagram Anda, karena setiap bisnis tentu akan berbeda karakternya. Untuk mempelajari seberapa besar engagement posting, instagram telah menyediakan instagram analytic untuk memantau statistik seperti jumlah like, komentar dan followers yang membuka konten.

DID&Co. yang bergerak di bidang content marketing dapat memberikan informasi dan strategi untuk pemasaran konten media sosial karena pengalaman yang telah kami miliki.

Untuk informasi tentang Social Media Marketing dan penerapannya untuk bisnis Anda, silakan hubungi kami pada email marketing@didand.co.id.

Related posts