Bayangkan Anda membuat dan mengunggah konten pemasaran tanpa memberikan judul dan deskripsi konten tersebut. Bagaimana cara agar konsumen menemukan konten Anda?

Atau sebaliknya. Anda melakukan optimisasi mesin pencari. Anda melakukan hal-hal yang bersifat teknis, namun tanpa konten di dalamnya.

Konten pemasaran dan optimisasi mesin pencari (SEO) adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Mereka tidak saling bersaing, namun saling melengkapi. Konten pemasaran tidak memiliki kekuatan apabila tidak didukung dengan SEO. Sama halnya dengan SEO, akan kosong tanpa konten yang menyertai.

 

SEO membutuhkan konten. Konten pemasaran adalah konten.

Di dalam sebuah SEO, Anda membutuhkan kata-kata, artikel, kata kunci, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan bahwa konten adalah inti dari SEO.

 

SEO membutuhkan kata kunci. Konten pemasaran menggunakannya.

Kata kunci (keywords) adalah fitur dari SEO. Sebuah konten membuat SEO dapat menentukan kata kunci yang sesuai, sehingga bisnis Anda mudah untuk dicari. Mesin pencari akan menandai situs dengan kata kunci yang tidak relevan dengan isi kontennya, dan akan memberikan index rating baik bagi yang relevan.

 

SEO membutuhkan tautan. Konten pemasaran memilikinya.

Anda dapat membuat konten yang menarik dan meninggalkan tautan (link) di bawahnya. Ini merupakan salah satu cara kerja SEO. SEO juga memastikan bahwa tautan dapat diakses tanpa ada eror (404), sehingga mesin pencari akan memberikan rating baik bagi tautan/situs tersebut.

 

SEO membutuhkan konten segar. Konten pemasaran memberikannya.

Konten yang segar, baru, unik, dan kreatif akan lebih unggul dan memiliki rating lebih tinggi daripada konten repetitif yang kurang informatif. Sebaik-baik konten adalah yang menarik para pengunjung dan calon pengguna sehingga berdampak positif pada penjualan.

 

SEO adalah konten pemasaran. Begitu juga sebaliknya; konten pemasaran adalah SEO. Kedua elemen tersebut saling membutuhkan dan saling mendukung. Dibutuhkan integrasi dari SEO dan konten pemasaran untuk menciptakan campaign yang terbaik.

Sudahkah SEO dan konten pemasaran bisnis Anda melengkapi satu sama lain? Konsultasikan dengan DID&Co. untuk kolaborasi terbaik antara SEO dan konten pemasaran pada bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui marketing@didand.co.id.

Related posts