Banyak dari perusahaan menggunakan Public Relation untuk keperluan kantor mereka, untuk membangun brand awareness, sebagai penyambung jalur komunikasi dengan pihak lain maupun dengan komunitas. Begitu juga dengan perusahaan dengan basis online dan offline, mereka juga membutuhkan Public Relation untuk berhubungan dengan komunitas.

Apa itu Online Public Relation? Public Relation yang berbasis pada komunitas online dibuat untuk mempromosikan awareness di antara bisnis-bisnis komunitas. Secara efektif, mereka yang mengerjakan public relation komunitas perlu melihat gambaran bisnis sambil membangun hubungan untuk memperkuat ikatan di sekitar bisnis dan dengan orang-orang yang melakukan bisnis. Mereka bekerja lebih dari sekadar memberi sponsor suatu acara. Namun mereka juga melakukan pengenalan terhadap brand dan mempromosikan brand mereka kepada komunitas bisnis, baik secara geografis maupun spesifik target pasar. Selain itu, mereka juga mengatur dan berkomunikasi dengan kelompok-kelompok konsumen secara online, terkadang diperlukan untuk membagikan posting pesan-pesan promosi langsung.

Beberapa dekade yang lalu, banyak dari perusahaan-perusahaan tidak menyadari pentingnya membangun hubungan dengan komunitas secara online. Kini, di era yang begitu cepat dan penuh dengan penggunaan teknologi ini, penting bagi setiap perusahaan untuk membagun hubungan yang erat dengan komunitasnya, memasuki ruang-ruang di media sosial yang ada dan memahami komunitas mereka ataupun komunitas di sekitar bisnis mereka. Semakin banyak perusahaan yang menggunakan digital marketing dan mengelola departemen marketingnya sesuai dengan kebutuhan di era digital saat ini. Melalui hubungan ini, perusahaan dapat memiliki kesempatan untuk berdialog dengan konsumen mereka, memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, dan juga meningkatkan kemampuan perusahaan untuk melayani lebih baik komunitasnya.

Keberlangsungan sebuah perusahaan dalam jangka waktu panjang akan sangat bergantung pada seberapa kuat sebuah perusahaan tersebut terhubung dengan komunitas mereka. Hubungi tim kami melalui marketing@didand.co.id untuk konsultasi dalam membantu bisnis Anda.

Related posts