Perkembangan Financial Technology (Fintech) di Indonesia melaju dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah revolusi terjadi dalam layanan finansial dimana perusahaan menggunakan teknologi untuk memudahkan banyak penggunanya dalam mengakses layanan dan produk finansial. Kebanyakan dari perusahaan Fintech memanfaatkan kecanggihan teknologi, mulai dari teknologi mobile, big data, dan analisis yang superior untuk membuat produk yang dapat disesuaikan dengan segmen konsumen.

Pembaruan ini mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan konsumennya, yang mana memberi banyak kesan positif dari masyarakat. Jadi, apa saja yang perlu diketahui tentang Fintech? Berikut 5 hal penting yang perlu Anda ketahui:

  1. Memberikan lebih banyak pilihan dalam mengelola keuangan

Dengan adanya Fintech, masyarakat Indonesia akan memiliki semakin banyak pilihan dalam mengelola keuangannya. Fintech dan bank konvensional sedang berusaha untuk melayani dan memberikan banyak layanan menarik bagi konsumennya. Perusahaan Fintech seringkali menawarkan jasa dengan biaya rendah. Selain itu, mereka juga lebih memahami konsumen karena memiliki  akses yang lebih dekat untuk mengetahui informasi konsumen.

  1. Adanya kolaborasi antar institusi finansial dapat memberikan layanan yang lebih baik

Perusahaan startup dan perusahaan finansial tradisional berperan aktif di Fintech. Perusahaan startup tidak bekerja seperti bank pada umumnya, namun mereka hadir untuk memberikan solusi spesifik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kebanyakan dari perusahaan ini tidak memiliki kemampuan finansial pada umumnya, tetapi kemampuan komputer atau informatika (IT). Sedangkan, bank tradisional menggunakan Fintech untuk memberi kenyamanan lebih bagi konsumennya untuk memudahkan akses dan layanan bank, salah satunya mobile banking.

  1. Kemudahan untuk mendapatkan layanan penasihat finansial

Aplikasi pengelolaan finansial memberikan kepada konsumen akses mudah untuk mendapatkan nasihat finansial. Aplikasi finansial menggunakan informasi transaksi untuk memberikan pengetahuan dan perencanaan agar membantu konsumen mengatur keuangannya. Misalnya, jika pengeluaran bulanan terlalu tinggi, maka aplikasi dapat memberi notifikasi kepada pengguna.

  1. Pengiriman uang menjadi semakin cepat dan murah

Bagi Anda yang banyak melakukan transaksi pengiriman keluar negeri tentu sering terbebani oleh biaya pengiriman yang mahal. Dengan adanya Fintech, layanan pengiriman uang ke luar negeri menjadi lebih cepat dan murah. Contohnya: Blockchain, memberi keuntungan lebih bagi konsumen dengan mengurangi biaya transaksi dan memberikan transparansi dalam pengiriman uang ke luar negeri.

Dengan pengetahuan yang lebih jelas tentang Fintech, tentunya Anda tidak akan melewatkan kesempatan ini, bukan? Untuk Anda yang sedang / berencana menjalankan bisnis online atau e-commerce, salah satu manfaat yang diberikan dari perusahaan Fintech yang menyediakan Payment Gateway adalah memberikan transaksi di website Anda. Diskusi lebih lanjut dengan DID&Co. untuk pembuatan e-commerce yang siap diintegrasikan langsung dengan Payment Gateway di website Anda. Hubungi marketing@didand.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Related posts