Untuk memudahkan Anda membuat rencana pemasaran dalam platform media sosial, ikuti langkah-langkah berikut;

  1. Memahami posisi bisnis

Untuk memahami posisi bisnis, cobalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Dimana platform yang digunakan oleh bisnis secara aktif? Apakah platform tersebut telah dioptimalkan? Platform mana yang memberikan banyak benefit? Bagaimana profil bisnis Anda jika dibandingkan dengan profil kompetitor?

  1. Mendefinisikan siapa konsumen Anda

Mendefinisikan konsumen perlu dilakukan secara sangat spesifik, seperti umur, kategori, gender, hobi, pekerjaan, lokasi, hingga karakteristik dan perilaku konsumen. Siapa saja konsumen di platform media sosial tertentu, contohnya Facebook dengan jangkauan umur 30-50, sedangkan Instagram memiliki konsumen dengan jangkauan umur 20-40. Siapa saja konsumen ideal yang sering berinteraksi di platform tertentu.

  1. Tentukan misi pemasaran

Misi akan menentukan kesuksesan rencana dan tindakan ke depan. Pastikan Anda mempertimbangkan hal ini dengan baik. Misi ini yang akan digunakan untuk menentukan langkah pemasaran dan merefleksikan identitas brand. Pastikan konten-konten yang diunggah di media sosial sesuai dengan misi tersebut, sehingga dapat membuat rencana pemasaran sukses. Misalnya, jika misinya adalah untuk menjangkau konsumen pelajar, maka konten yang diunggah tentu konten yang segar dan muda yang berkaitan dengan realitas kehidupan pelajar.

  1. Identifikasi ukuran kesuksesan

Dalam menentukan apakah pemasaran media sosial sudah mencapai kesuksesan atau belum, diperlukan suatu pengukuran berdasarkan faktor-faktor yang menunjukkan pencapaian sesuai rencana pemasaran. Aspek pengukuran yang bisa digunakan untuk menentukan kesuksesan pemasaran misalnya jumlah penjualan, traffic pengunjung di website, jumlah jangkauan, brand mentions, brand engagement dengan pelanggan, jumlah saham, dan lain-lain.

  1. Buatlah konten yang engaging

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, sekarang waktunya untuk langkah yang menjadi hal paling menyenangkan bagi banyak orang, yaitu membuat konten. Membuat konten-konten yang menarik dan dapat menciptakan engagement yang kuat dengan banyak audiens merupakan kunci dari rencana pemasaran yang sukses. Setelah memahami siapa saja konsumen ideal Anda, tentu menjadi lebih mudah untuk membuat konten yang sesuai dengan ketertarikan mereka. Konten yang dibuat dapat berupa foto, video, posting blog, berita perusahaan, info, eBook dan masih banyak lagi. Dari berbagai macam jenis konten, penting untuk mengunggah konten yang sesuai dengan misi rencana pemasaran Anda. Konten bagaikan bahan bakar bagi media sosial. Oleh karena itu, konten sebagai bahan bakar yang tepat akan menjalankan pemasaran media sosial dengan cepat pula.

  1. Gunakan management tools media sosial

Tidak ada salahnya untuk menginvestasikan dana pada management tools media sosial untuk memudahkan pengerjaan pemasaran dengan mudah. Alat ini juga dapat memudahkan pengukuran terhadap strategi-strategi yang telah dilakukan terkait rencana pemasaran. Salah satu manfaat dari management tools media sosial adalah kemampuannya untuk membuat jadwal unggahan.

DID&Co. yang telah berpengalaman di bidang content marketing dapat membantu Anda dalam memberikan informasi dan strategi untuk pemasaran konten di media sosial. Untuk informasi lebih lanjut tentang content marketing strategy dan penerapannya dalam bisnis Anda, silakan hubungi kami melalui marketing@didand.co.id

Related posts