Sepuluh tahun yang lalu, pemasaran digital melalui media sosial belum memiliki pengaruh signifikan dalam dunia bisnis. Tidak banyak orang yang membicarakannya, apalagi menggunakannya.

Berbeda dengan sekarang, pemasaran digital telah menjadi sesuatu yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari terutama bagi generasi milenial. Dengan sistem penargetan yang semakin personal dan semakin spesifik, target audiens menjadi lebih mengerucut dan presisi sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap bisnis dan pemasar.

Bagaimana nasib pemasaran digital di kemudian hari? Satu tahun, dua tahun, bahkan sepuluh tahun dari sekarang?

Berikut adalah prediksi tren pemasaran digital di masa depan.

 

Pemasar akan lebih banyak mengajak konsumen memasuki dunia virtual reality dan augmented reality

Beberapa perusahaan teknologi seperti Sony, Apple, dan Facebook berinovasi dan berinvestasi tidak hanya di ranah virtual reality (VR), namun juga merambah ke ranah augmented reality (AR). VR dan AR akan memberikan lebih banyak peluang bagi para pemasar untuk memberikan konten yang interaktif dan menarik kepada konsumen.

Media sosial menjadi lebih dominan

Kemudahan untuk mengontrol traffic dan targeting yang spesifik adalah keunggulan media sosial. Ditambah lagi, mayoritas pengguna internet adalah pengguna media sosial. Beriklan di media sosial juga relatif murah dan fleksibel.

Maraknya penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI)

Salah satu keuntungan menggunakan kecerdasan buatan (AI) adalah dapat memantau kebiasaan-kebiasaan konsumen dengan keyword. Selain itu, AI berupa chatbot yang berfungsi sebagai customer service dapat dengan mudah menyelesaikan masalah konsumen dalam sebuah interaksi yang sangat baik.

Konten video akan lebih populer

Video adalah hal yang dicari oleh orang-orang ketika mereka mencari informasi atau sekedar membutuhkan hiburan. Oleh karena itu, penting bagi pebisnis untuk tidak ketinggalan dengan tren ini. Durasi video pun harus diperhatikan; tidak terlalu singkat agar dapat memuat semua informasi, namun juga tidak terlalu panjang agar konsumen tidak bosan.

 

Sudahkah merencanakan pemasaran media sosial untuk bisnis Anda di tahun 2019? DID&Co. berkomitmen untuk membantu mempersiapkan konten pemasaran media sosial berkualitas dan tepat untuk bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui marketing@didand.co.id

Related posts