Jasa SEO Website Jakarta

Perlu diketahui, bahwa setiap tahun algoritme Google berubah sebanyak 500-600 kali. Perubahan-perubahan itu ada yang perubahan minor saja, tetapi ada juga perubahan mayor yang berdampak besar pada hasil pencarian Google, seperti algoritme Google Panda dan Google Penguin.

Bagi Anda para online marketer, tentunya mengetahui perubahan algoritme Google akan mampu memberikan penjelasan tentang perubahan Google Ranks, website traffic, maupun perubahan search engine optimization (SEO).

Berikut ini beberapa contoh perubahan mayor algoritme Google sepanjang 2018 yang berdampak besar pada hasil pencarian:

24 Juli 2018 – Chrome Security Warnings (Full Site)

Chrome 68 mulai menandai semua situs yang non-HTTPS sebagai situs yang “tidak aman” dan telah melakukan perubahan, sehingga pengguna dapat meng-install versi Chrome terbaru.

9 Juli 2018 – Mobile Speed Update

Google telah memperbarui kecepatan dalam mengakses laman mobile, sehingga kecepatan akses itu akan memengaruhi faktor peringkat untuk pencarian mobile. Google mengklaim bahwa perubahan ini hanya berpengaruh pada situs mobile yang lambat, dan tidak berpengaruh pada situs mobile yang peringkat mayor.

14 Juni 2018 – Video Carousels

Google telah mengubah video organik yang berdasarkan thumbnails menjadi video carousel, sehingga meningkatkan hasil pencarian yang sebelumnya hanya sebagai video yang organik. Pada waktu bersamaan, jumlah SERP dengan video meningkat secara signifikan.

13 Mei 2018 – Snippet Length Drop

Setelah mencoba tampilan Snippet yang lebih panjang dengan 300+ karakter untuk beberapa bulan, Google kembali menggunakan Snippet sebelumnya yaitu 150-160 karakter.

26 Maret 2018 – Mobile-First Index Roll-Out

Google mengumumkan bahwa mobile-first index telah diluncurkan. Sejak index itu dicoba dalam beberapa bulan, Google menyarankan pada mereka untuk memindahkan situs secara perlahan, sehingga menjadi tidak jelas seberapa besar dampak peluncuran itu terhadap pengaruh yang signifikan index secara keseluruhan.

Dari beberapa update penting algoritme Google, kita dapat mengerti bagaimana pengaruh perubahan algoritme itu terhadap hasil-hasil pencarian. Google selalu melakukan perubahan dan meluncurkan hal baru setiap saat. Jika traffic website menurun berkaitan dengan update algoritme, maka investigasilah faktor yang menyebabkannya.

Setiap update algoritme yang baru (update yang telah dikenal sebelumnya) akan selalu muncul dalam berita SEO, jadi analisislah perubahan apa yang sedang terjadi itu.

Untuk lebih memahami update algoritme Google secara komprehensif, maka lakukanlah pengamatan terhadap fluktuasi SERP untuk pilihan kata kunci yang digunakan. Untuk diskusi lebih lanjut terkait SEO, dapat menghubungi tim DID&Co. melalui

Related posts

close Go to compare table