Jasa Social Media Management

Anda pasti pernah tergabung dengan paling tidak satu atau dua Facebook group yang tujuannya sebagai ruang untuk berbagi informasi atau berinteraksi. Facebook grup mewadahi komunitas yang antusias dan terhubung di sekitar bisnis Anda, yang akan memperkuat upaya-upaya pemasaran produk. Ruang seperti ini bermanfaat bagi bisnis yang dijalani atau bahkan bagi kepentingan brand itu sendiri. Komunitas di Facebook berbeda dengan followers atau audience. Ketika audience hanya komunikasi satu arah, pada komunitas Facebook Anda dapat melakukan komunikasi dua arah yang nantinya juga akan memberi manfaat pada perkembangan bisnis. Apa saja manfaatnya memiliki Facebook group?

  • Facebook adalah sebuah sosial media yang memiliki pengguna terbesar dengan lebih dari 2 miliar pengguna setiap bulannya. 71% populasi dewasa menghabiskan waktunya untuk Facebook, maka akan sangat menguntungkan bisa terhubung dengan pengguna-pengguna tersebut.
  • Anda dapat meningkatkan nilai dari grup yang dibangun dengan cara berbagi konten hanya dengan anggota grup. Cara ini akan membuat brand atau produk menjadi lebih eksklusif.
  • Grup Facebook memiliki pencapaian yang lebih organik jika dibandingkan dengan page bisnis. Konten yang sering muncul di newsfeed adalah konten dari dimana grup yang terhubung dengan Anda.

Lalu bagaimana caranya mengelola grup Facebook untuk brand atau produk?

1. Pengelolaan konten

Konsistensi sangat dibutuhkan untuk mengelola konten-konten yang diunggah di grup. Seberapa sering grup diisi dengan konten-konten brand. Perlu jadwal untuk pengunggahan konten-konten pada grup. Kualitas dari konten itu pun berperan penting dalam mengelola grup ini, usahakan konten yang dibuat bukan hanya tentang produk Anda, tapi lebih banyak mengenai apa yang menarik bagi komunitas itu.

2. Buat peraturan dan pedoman bagi para anggota

Penting untuk membuat peraturan dan pedoman bagi para anggota agar semua jelas dengan tujuan dari grup dibentuk. Selain itu, peraturan dan pedoman juga dapat menjaga agar komunitas di grup ini tetap positif.

3. Bangun engagement dengan anggota grup

Memiliki engagement dengan anggota di grup akan membantu Anda memelihara grup dan mempertahankan komunikasi dengan komunitas. Berilah tanggapan terhadap komentar-komentar yang ditulis oleh para anggota atau unggahan yang dilakukan oleh anggota grup. Memberi sedikit waktu untuk memberi perhatian dan berkomunikasi dengan anggota komunitas dapat mempererat engagement dengan anggota grup.

4. Dapatkan bantuan dari influencer

Anda tidak bisa melakukan ini sendirian, dapatkan bantuan dari influencer sosial media untuk mempromosikan brand. Peran influencer akan sangat mempengaruhi pandangan luas mengenai brand yang dipasarkan. Selain itu apresiasi yang Anda berikan kepada orang-orang yang melakukan promosi seringkali menjadi post yang dibagikan oleh banyak anggota komunitas.

Kita sekarang sedang berada di era dimana semua media online dan sosial media sangat berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memanfaatkan elemen-elemen kecil dari sosial media untuk memberi pengaruh pada konsumen dan membangun brand.

Hubungi tim kami melalui untuk berkonsultasi mengenai sosial media dan media online untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Related posts

close Go to compare table