4 Fitur Instagram Terbaik

Bermula dari photo-sharing app biasa, Instagram pertama kali dirilis pada bulan Oktober 2011 dan dikembangkan oleh Facebook. Di awal keberadaannya, fitur pada Instagram masih hanya sebatas filter foto vintage dan pengeditan foto sederhana saja.

 

Saat ini, Instagram telah berkembang menjadi aplikasi wajib yang sering di install pada smartphone berbasis Android dan iOS. Para pengguna tidak hanya sekedar mengunggah foto, namun dapat mencoba berbagai filter, efek, stiker, info lokasi, serta berkirim pesan dan foto kepada user lain maupun grup.

 

Seiring berkembangnya aplikasi photo-sharing ini, tentu banyak fitur baru yang kerap bermunculan. Keberadaan fitur-fitur tersebut jarang atau mungkin belum diketahui oleh para penggunanya. Apa saja fitur tersebut?

 

1. Mendapatkan notifikasi dari akun favorit

Seperti halnya YouTube, pada Instagram, Anda dapat mengikuti orang lain serta mendapatkan notifikasi apabila akun tersebut mengupload foto atau video baru. Caranya, masuk ke profil tersebut, lalu klik Setting (tiga titik) pada kanan atas, lalu klik Turn on Post Notifications.

 

2. Membatasi penggunaan data internet

Karena berisi foto-foto dan video-video, tidak heran jika Instagram sangatlah menguras kuota. Oleh karena itu, Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk mengatur penggunaan kuota Anda. Pada menu profile, klik ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu Cellular Data Use, dan aktifkan Use Less Data.

 

3. Memfilter komentar buruk

Cyber bullying juga terjadi di Instagram, lho. Banyak sekali akun yang mengalaminya terutama akun dengan followers lebih dari 100.000.  Jangan khawatir, Instagram memiliki fitur untuk memfilter komentar buruk. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup ke halaman Profile, Settings, Privacy, Comment Controls.

 

4. Siapa yang unfollow Anda?

Untuk dapat melacak akun yang memfollow Anda, Anda dapat mengunduh aplikasi InstaFollow dan melihat akun-akun yang meng-unfollow bahkan yang memblokir Anda.

 

Instagram masih memiliki banyak sekali fitur tersembunyi yang jarang diketahui banyak penggunanya. Pelajari fitur-fiturnya seiring dengan perkembangannya agar Anda dapat memaksimalkan penggunaan Instagram untuk kepentingan pribadi maupun bisnis Anda.

Related posts

close Go to compare table