Sejak kemunculannya, Instagram telah terbukti menjadi alat pemasaran yang andal untuk memenuhi beragam kebutuhan bisnis. Jika Anda belum menggunakan Instagram, sebetulnya bisnis Anda sedang mengalami kerugian. Tidak percaya? Simak 7 alasan mengapa Instagram menjadi salah satu platform pemasaran terbaik dan menguntungkan untuk bisnis Anda.

  1. Jumlah pengguna yang meningkat

Di tahun 2018 lalu, pengguna Instagram tercatat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hingga pada bulan Juni 2018, menurut data Statista jumlah pengguna platform ini mencapai hampir 1 miliar dan angka ini terus berkembang hingga hari ini.

  1. Bisnis dapat ‘berjualan’ langsung di Instagram

Seiring evolusi Instagram dari tahun ke tahun, platform ini menghadirkan berbagai fitur yang salah satunya adalah shoppable post. Dengan fitur ini, pebisnis dapat men-tag produk-produknya pada foto dan menyertakan deskripsi, harga, serta tautan yang akan membawa konsumen ke situs Anda untuk melakukan pembelian.

  1. Instagram Stories dan Live

Patut diakui, kedua fitur ini membuat produk lebih dekat dengan konsumen. Video-video unggahan yang berisi tentang proses pembuatan produk, bagaimana konsumen menyukai produk tersebut, hingga sesi tanya-jawab antara pebisnis dan konsumen dapat mendongkrak naik engagement rate bisnis Anda.

  1. Menggunakan influencer untuk promosi

Influencer adalah selebriti online yang mempromosikan suatu produk atau merek. Dengan menentukan influencer yang memiliki karakteristik yang cocok dengan produk Anda, mereka dapat mempromosikan produk Anda kepada jutaan pengikutnya hanya dengan mengunggah beberapa postingan saja.

  1. Tagar (hashtag)

Tagar atau lebih dikenal dengan hashtag (#) adalah keywords yang mendeskripsikan produk Anda. Penggunaan tagar yang efektif akan membuat produk Anda semakin dikenal sekaligus menjadi pembeda dari produk lain yang sejenis.

  1. Mendapatkan feedback dengan mudah

Fitur ‘Poll’ dan ‘Ask me a question’ memudahkan Anda untuk mendapatkan kritik dan saran serta opini dari konsumen. Dan jika Anda menggunakan profil bisnis, Anda akan mendapatkan akses ke data yang sangat berguna bagi bisnis Anda.

  1. Konten visual membangun kepercayaan lebih

Calon konsumen cenderung suka membaca review tentang suatu produk sebelum mereka membelinya. Akan tetapi, mereka juga menyukai konten visual, termasuk foto dan video, yang mana keduanya sangat berperan hingga keputusan untuk membeli dibuat.

Persiapkan bisnis Anda untuk menggunakan Instagram jika belum, dan jika sudah, optimalkan penggunaannya pada media sosial tersebut. DID&Co. hadir untuk membantu Anda membuat content marketing yang relevan bagi bisnis Anda serta menarik bagi konsumen. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di marketing@didand.co.id.

Related posts