Analisis website atau yang akrab disebut web analytics merupakan alat yang digunakan dalam pemasaran online untuk menganalisa, mengevaluasi, mengukur data kunjungan (traffic), waktu traffic, maupun data lainnya dari sebuah situs web. Sehingga keberadaan web analytics menjadi vital bagi sebuah bisnis yang mempunyai website. 

 

Artikel kali ini akan membahas pentingnya web analytics bagi para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya.

 

  1. Mengetahui Pengunjung Website Anda

Penting bagi pengusaha untuk mengenali siapa saja yang mengunjungi website bisnisnya. Mengetahui umur, jenis kelamin, tempat tinggal, dan kebiasaan pengunjung website Anda adalah tahap awal untuk selanjutnya menentukan strategi pemasaran yang ingin Anda gunakan.

 

  1. Mengetahui konten yang banyak dan jarang dilihat

Informasi ini dapat membantu Anda untuk memprioritaskan kebutuhan konten Anda berdasarkan jenis konten yang sering dilihat atau diminati dan konten yang kurang disukai. Dengan begitu, Anda dapat fokus terhadap pengembangan beberapa area konten berdasarkan referensi yang akurat.

 

  1. Memperkuat SEO Website

Web analytics selalu mempengaruhi SEO. Dengan data pengunjung yang didapat, Anda bisa menargetkan konten, backlinks, dan lainnya yang terkait dengan pengembangan SEO website bisnis Anda.

 

  1. Cari tahu untuk Perencanaan Selanjutnya

Tanpa dibarengi web analytics, Anda tidak akan tahu apa yang terjadi dengan website Anda. Apakah banyak pengunjungnya? Kapan biasanya mereka berkunjung? Apa yang mereka cari? Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sulit bagi Anda untuk merencanakan strategi bisnis Anda ke depannya.

 

Masih banyak lagi manfaat dari web analytics, terutama bagi bisnis kecil dan menengah. Kehadirannya sangat esensial dan akan berdampak banyak pada Return On Investment (ROI) serta penjualan produk bisnis Anda. Selain itu, jangan khawatir akan biaya yang harus dikeluarkan, karena banyak sekali web analytics gratis yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah Google Analytics.

Ingin tahu lebih banyak manfaat web analytics serta pengaplikasiannya pada website Anda? Hubungi marketing@didand.co.id untuk informasi lebih lanjut mengenai web analytics dan hal penting lainnya bagi pengembangan jangka pendek maupun jangka panjang bisnis Anda.

Related posts