SEO On Page

On-page SEO seringkali dilupakan karena pengoptimalannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi, apakah boleh diabaikan?

 

Apa itu On-Page SEO?

On-page SEO merupakan sejumlah faktor penentu apakah suatu website teroptimasi atau tidak terhadap sebuah mesin pencari. Hal ini bertujuan agar mesin pencari dapat mengetahui apakah website Anda sesuai dengan apa yang dicari dan diharapkan oleh pengguna.

 

Ketika pengunjung mencari sesuatu pada mesin pencari lalu menemukan sebuah website dan meng-klik website tersebut, mereka akan langsung keluar dan mencari website lain jika isinya tidak memuaskan bagi mereka. Inilah yang menyebabkan mesin pencari mengetahui sebuah website disukai atau tidak.

 

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan?

Berikut beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. 

 

      1. Kata kunci

Jangan fokus pada banyak kata kunci. Fokuslah pada kata kunci yang relevan. Setidaknya, pastikan ada 1 kata kunci untuk 1 halaman pada konten, judul, dan URL.

 

      2. Konten

On-page SEO sangat berpengaruh terhadap isi sebuah website. Mengingat selektifitas dari mesin pencari terhadap konten sebuah web, sebaiknya Anda membuat konten yang informatif, menarik, dan user friendly.

 

       3. URL

Pastikan URL atau link website Anda memiliki setidaknya satu kata kunci agar mudah dicari.

 

       4. Judul

Apabila judul website Anda dapat menarik banyak pengunjung, maka otomatis peringkatnya akan naik pada mesin pencari. Sebaliknya,  website yang menawarkan produk sejenis dengan judul yang kurang menarik akan turun peringkatnya.

 

       5. Gambar

Suatu halaman website akan membosankan apabila hanya diisi dengan teks. Oleh karena itu, gambar dan/atau video merupakan suatu nilai tambah. Pastikan konten multimedia Anda relevan dan gunakan resolusi yang sesuai dengan tampilan agar tetap rapi.

Wah, ternyata on-page SEO tidak boleh diabaikan begitu saja. Lakukanlah riset sebelum menentukan yang terbaik bagi website bisnis Anda, ya

Related posts

close Go to compare table