Komunikasi perusahaan adalah ujung tombak bagi perkembangan perusahaan dalam memperluas jangkauan produknya untuk para konsumennya. Dengan vitalnya peran komunikasi perusahaan ini, sudah pasti departemen komunikasi mempunyai tanggung jawab besar dalam menghasilkan berbagai strategi, rencana dan tema kampanye pemasaran untuk kesuksesan komunikasi itu.

Rencana komunikasi perusahaan menjadi suatu rancangan yang sangat penting untuk menentukan tujuan komunikasi dan strategi yang akan digunakan. Salah satu tujuan penting dari komunikasi perusahaan adalah terciptanya dialog yang interaktif antara perusahaan dengan konsumen serta konsumen potensial lainnya. Dan, untuk melakukan langkah-langkah itu, diperlukan strategi yang tepat untuk keefektifan komunikasi, misalnya saja dengan media sosial ataupun teknologi komunikasi untuk strategi komunikasi yang interaktif.

Sosial media, sebagai media populer yang menjangkau pasar secara luas saat ini memang menjadi salah satu media yang efektif dalam melakukan strategi komunikasi. Tapi, rencana komunikasi perlu memadukan berbagai strategi supaya mampu memaksimalkan tujuan komunikasi perusahaan.

Sebagaimana platform online yang semakin marak, pendekatan komunikasi langsung juga masih harus dilakukan untuk memperkuat ikatan dan pengalaman dengan pelanggan. Sebut saja contoh strategi komunikasi lainnya seperti kampanye produk, event (kegiatan) seperti open house dan demonstrasi produk, serta kolaborasi pemasaran dengan produk lainnya untuk memperluas jangkauan pasar. Hal ini disebut sebagai Mixing Communication Strategies, yang memadukan berbagai strategi untuk tujuan utama komunikasi perusahaan.

Pertimbangan selanjutnya untuk mencapai tujuan komunikasi adalah pentingnya menentukan tema komunikasi yang akan dilakukan. Untuk menghasilkan tema komunikasi produk yang sukses, tentunya memerlukan proses kreatif yang biasanya dimulai dengan proses brainstorming di internal perusahaan. Selain itu, proses kreatif ini harus didukung dengan data analisis hasil riset yang terpercaya, sehingga tim kerja akan menghasilkan rancangan komunikasi yang efektif.

Setelah ide tema (atau beberapa tema) muncul, lakukan uji coba dulu dengan melakukan survey yang dapat didukung oleh agensi pemasaran. Dan jika budget untuk melakukan hal itu terbatas, coba maksimalkan survey itu pada keluarga atau mitra kerja terdekat yang dapat mendukung kesuksesan tema komunikasi itu.

Tentu saja, proses komunikasi perusahaan itu membutuhkan ide-ide dan inovasi selanjutnya. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti mencoba dan menerapkan berbagai cara kreatif untuk kesuksesan komunikasi perusahaan.

Untuk manambahkan ide-ide kreatif dalam strategi dan rencana bisnis Anda, silakan berdiskusi dengan tim kami melalui marketing@didand.co.id.

Related posts