Konten pemasaran tentu merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi bisnis dan pemasar. Mereka berlomba-lomba untuk membuat konten yang efektif yang akan dicari oleh para konsumennya.

Membuat konten yang bagus, menarik, informatif, dan bernilai membutuhkan waktu dan uang. Jika Anda mempunyai keduanya, selamat! Tahap selanjutnya adalah menentukan siapa yang akan membuat rencana konten, mengembangkan konten, menulis, mendesain, dan lain sebagainya. Walaupun Anda bekerja dengan tim, koordinasi yang buruk akan menjadi hambatan yang sangat besar.

 

Mulailah dari konsumen Anda.

Karena konten pemasaran Anda bergantung kepada konsumen. Kanal apa yang digunakan oleh mereka? Perhatikan juga bagaimana mereka berinteraksi di setiap kanal yang berbeda dengan konten yang berbeda pula. Strategi Anda harus dimulai dari konsumen, bukan dari kanal.

Evaluasikan. Lalu rencanakan.

Strategi yang tidak efektif akan berujung pada penjualan yang tidak sesuai harapan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyamakan persepsi Anda dengan tim, kembangkan prosesnya, lalu dokumentasikan untuk kemudian dievaluasikan. Apakah tujuan-tujuan tercapai? Apakah penjualan meningkat? Barulah Anda dan tim dapat melakukan langkah selanjutnya.

Uji dan lakukan analisa.

Mulailah dari sesuatu yang kecil. Coba beberapa kanal maupun konten baru sedikit demi sedikit, satu per satu, lalu analisa untuk melihat apakah kanal atau konten baru tersebut membawa perubahan positif bagi bisnis Anda. Berdasarkan hasil analisa, barulah Anda memutuskan konten dan kanal mana yang terbaik dan dapat menarik banyak konsumen.

 

Semua hal di atas merupakan proses yang tidak berhenti dan membutuhkan trial and error. Bukanlah hal yang mudah untuk menentukan konten dan kanal yang cocok untuk bisnis Anda. Namun begitu Anda sudah menemukannya, hal tersebut menjadi investasi yang tak ternilai bagi kelangsungan bisnis Anda.

Rencanakan bisnis Anda dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Persiapkan juga konten pemasaran bersama DID&Co. yang sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui marketing@didand.co.id.

Related posts