Media Sosial merupakan platform yang efektif dan murah untuk memasarkan bisnis. Jika dilakukan secara tepat, jangkauan pemasarannya bisa sangat luas dan juga dapat memberi pengaruh yang besar. Salah satu media sosial yang sering digunakan dan memiliki jumlah pengguna terbesar adalah Facebook, dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 2,23 miliar per bulannya.

Hal ini membuat banyak pelaku bisnis membuat Facebook Page untuk memasarkan berbagai macam bisnisnya, mulai dari produk hingga jasa. Namun, karena algoritma Facebook sering mengalami perubahan, lalu bagaimana cara menggunakan Facebook Page yang efektif? Berikut tips yang dapat dilakukan.

Melengkapi informasi bisnis

Saat membuat Facebook Page terdapat dua pilihan Page yang dapat dipilih, pertama yaitu bisnis atau brand dan kedua yaitu community atau public figure. Tidak semua pilihan sesuai dengan jenis bisnis. Pastikan Anda memilih dengan tepat fungsi dari Page dan sesuai dengan tujuan pemasaran. Lengkapi nama Page, kategori, alamat bisnis, dan nomor telepon. Setelah melakukan ini, jangan lupa untuk menambahkan foto profil dan foto cover. Pilihlah foto yang berkualitas, agar Page terlihat menarik dan dapat merepresentasikan bisnis. Isi Page Information dengan informasi bisnis seperti deskripsi, kategori, informasi kontak, dan masih banyak lagi. Untuk mempermudah konsumen menemukan Facebook Page, buatlah username untuk Page dan custom URL yang dapat dibagikan dengan semua orang.

Tambahkan tombol ‘call-to-action

Elemen ini merupakan hal yang penting pada Facebook Page, karena dapat mendorong pengunjung Page untuk melakukan tindakan dengan mudah, sesuai dengan ajakan apapun yang dilakukan pada Page. Tombol ini memudahkan para pengunjung untuk melakukan hal seperti membeli produk, melakukan book untuk produk atau jasa, mendaftar untuk giveaway, dan lain sebagainya. Tekan ‘Add a Button’ pada sebelah kanan atas, kemudian pilih tombol yang ingin digunakan. Terdapat 5 jenis call to action yaitu, book services, get in touch, learn more, make a purchase or donation, dan download app or game, Anda dapat memilih sesuai dengan tujuan pemasaran yang dilakukan.

Kolaborator untuk Facebook Page

Melakukan pemasaran di mana pun tentu tidak terlepas dari sebuah tim. Di sini Anda dapat membuat tim, memberi akses pada masing-masing individu dan peran yang berbeda-beda. Terdapat beberapa peran yang dapat dipilih, yaitu Admin yang tugasnya memiliki akses penuh pada Page, Editor yang dapat mengedit Page, mengirim pesan dan mengunggah konten, Moderator yang dapat merespon dan menghapus komentar pada Page dan mengirim pesan, Advertiser yang dapat membuat iklan, dan Analyst yang hanya dapat melihat insights.

Selalu merespon pesan

Adanya Facebook Messenger tentu semakin mempermudah Anda untuk merespon pesan yang dikirim oleh pengguna. Pastikan untuk selalu merespon pesan dengan cepat, karena Facebook dapat melacak berapa lama waktu yang digunakan untuk merespon, sehingga konsumen dapat melihat seberapa cepat respon dari Admin. Tentunya konsumen mengharapkan agar pesan mereka dapat direspon secepat mungkin.

Menggunakan publishing tools dan schedule post

Agar konten dapat konsisten diunggah pada Page, Anda dapat menggunakan fitur publishing tools untuk menjadwalkan waktu posting. Sangat penting untuk selalu mengunggah konten secara reguler, setidaknya 2-3 kali seminggu. Pembuatan video, mengiklankan bisnis, promosi event, menulis note dan memberi info lowongan kerja juga dapat dilakukan di sini.

Setelah melakukan tips-tips di atas, jangan lupa untuk menganalisis analytics dari Facebook Page. Pastikan apa yang sesuai dan apa yang tidak sesuai dengan kondisi konsumen di Facebook agar dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi bisnis Anda.

DID&Co. yang telah berpengalaman di bidang content marketing, dapat membantu Anda dalam memberikan informasi dan strategi untuk pemasaran konten di media sosial. Untuk informasi lebih lanjut tentang content marketing strategy dan penerapannya dalam bisnis Anda, silakan hubungi kami pada email marketing@didand.co.id.

Related posts