Jasa Social Media Management

ROI atau Return on Investment adalah pengembalian investasi atau keuntungan yang dihasilkan dari sebuah investasi. Dalam artikel ini, investasi yang dimaksud adalah pemasaran bisnis melalui media sosial.

 

Agar Anda dapat membuktikan bahwa berinvestasi pada media sosial memang menguntungkan, Anda harus mengukur pengaruh media sosial terhadap setiap interaksi dengan pelanggan Anda.

 

Berikut adalah cara menghitung ROI dengan penghitungan yang sederhana

 

Profit/total investment (hours, budget, etc.) X 100 = social media ROI (satuan persentase)

 

Namun, ROI dari hasil kampanye media sosial tidak selamanya berhubungan langsung dengan pemasukan dan keuntungan bisnis, lho. Bisa jadi Anda menggunakan campaign di media sosial semata-mata untuk meningkatkan brand awareness. Jika demikian, penghitungan menggunakan rumus di atas tidak dapat digunakan.

 

Ketika Anda menggunakan media sosial untuk meningkatkan awareness para pelanggan atau calon pelanggan, maka Anda harus memperhitungkan aspek lainnya, seperti jumlah likes, berapa kali postingan tersebut dilihat, dibagikan, atau disimpan oleh pengguna media sosial tersebut. 

 

Semua strategi tersebut tentu dilakukan oleh para pebisnis untuk satu tujuan, yaitu tercapainya target penjualan yang diinginkan. Ada serangkaian tahapan yang harus dilalui yang tentunya dimulai dari pengenalan produk Anda

Nah, setelah semua ide, waktu, dan dana yang dikeluarkan untuk kampanye media sosial bisnis Anda, apa yang sudah Anda dapatkan? Pastikan campaign yang Anda jalankan bisa diukur dengan tepat. Hubungi untuk mempersiapkan strategi pemasaran sekaligus penghitungan ROI agar campaign Anda semakin terkontrol.

Related posts

close Go to compare table