Peran Penting AI di Tahun 2020

Memasuki tahun 2020, tentunya akan banyak sekali hal-hal baru yang akan dihadapi bagi para pemilik bisnis dan marketers. Mereka diharapkan untuk dapat selalu memiliki strategi yang jelas, kuat, dan berpikiran maju serta wawasan yang luas agar dapat senantiasa berkembang mengikuti zaman.

 

Seperti misalnya AI. AI atau Artificial Intelligence merupakan teknologi yang menggunakan algoritma machine learning (ML) yang mampu mendeteksi lingkungan, belajar, berpikir, juga berkomunikasi.

 

Banyaknya tenaga manusia yang telah digantikan oleh Artificial Intelligence merupakan bukti bahwa AI memang dapat diandalkan. AI dapat disebut sebagai game changer karena pengaruhnya yang cukup besar terhadap ekonomi global.  

 

Pekerjaan seorang pemilik bisnis atau marketer akan menjadi semakin mudah dengan bantuan AI. Bahkan, bisa sama sekali diambil alih oleh AI. Seperti misalnya customer service chatbot. Customer akan semakin senang dengan respon cepat atas pertanyaannya, sementara Anda tidak perlu repot untuk membalas puluhan bahkan ratusan pertanyaan setiap harinya secara manual.

 

Tak hanya di Indonesia, beberapa Negara maju seperti Singapura dan Jepang telah lebih dulu memanfaatkan teknologi ini, bahkan di dalam pemerintahan mereka. 

 

Melihat hal ini, Presiden Jokowi juga meminta lembaga pemerintahan untuk mengganti dua jajaran pegawai negeri dengan teknologi AI di tahun 2020 demi mempercepat  birokrasi. Wah.. Apa pendapat Anda?

Related posts

close Go to compare table