Facebook Messenger Rooms, Apa Fungsinya ?

Facebook membuat fitur Messenger Rooms di dalam layanan pesan instan Messenger yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan video (video call). Layanan ini dapat menampung sampai dengan 50 orang sekaligus untuk belajar, rapat virtual, atau sekadar mengobrol dengan teman atau keluarga.

 

Stan Chudnovsky, Vice President Facebook untuk layanan Messenger mengklaim bahwa Messenger Room sebenarnya telah digarap sebelum wabah corona SARS-Cov-2 (Covid-19) — yang mendorong banyak orang untuk melakukan pekerjaan dari rumah sehingga memerlukan teknologi seperti video call untuk berkoordinasi.

 

Penggunaan Messenger Rooms sama seperti Zoom atau Skype, yaitu pengguna bisa langsung bergabung lewat tautan yang dikirim oleh pengundang. Admin telekonferensi dapat menghapus peserta kapanpun dan bisa melaporkan peserta ke Facebook jika dinilai tidak berperilaku baik.

 

Perihal keamanan, Facebook sendiri mengklaim bahwa walaupun Messenger Rooms tidak encrypted end-to-end seperti WhatsApp, mereka menjamin bahwa tidak akan ada yang bisa mendengar percakapan para pengguna pada platform ini.

 

Ke depannya, Messenger Rooms akan terintegrasi dengan Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal.

Related posts

close Go to compare table