merespon-perkembangan-digital-DID&Co. | Jasa Penulis Artikel Jakarta

Sejumlah survei mengatakan bahwa jam rata-rata yang dihabiskan untuk mengakses dunia online lebih banyak dan terus meningkat, dibandingkan waktu untuk melihat televisi, membaca buku atau koran.
Digitalnomics dan cyberlife mungkin sudah menjadi “our second life”. Apalagi sekarang perkembangan smartphone juga semakin tinggi, sehingga interaksi digital juga semakin intens.
Berikut fakta–fakta mencengangkan tentang ledakan internet; yang ditampilkan dalam infografis yang tak kalah indahnya.

  • Dalam satu menit, Google menerima 2 juta pencarian. Kalau satu jam berarti ada 120 juta pencarian. Kalau satu hari satu malam berarti ada 2,8 milyar pencarian. Just in one day
  • Dalam satu menit, jumlah total email yang terkirim = 204 juta email
  • Dalam satu menit, uang yang dibelanjakan untuk online shopping = Rp 3 milyar. Jadi dalam satu hari satu malam = Rp 4,3 triliun. Bravo online shopping! Dengan kata lain, online shop adalah masa depan bisnis yang sangat menguntungkan
  • Dalam satu menit, update status di Facebook berjumlah 600 ribu. Dalam satu hari artinya ada 864 juta update status
  • Dalam satu menit, ada 571 website baru yang muncul. Dalam sehari semalam artinya ada lebih dari 822 ribu website baru yang muncul

Data-data yang mencengangkan di atas merupakan simbol dari kebangkitan ekonomi digital. Ledakan digital yang sangat besar itu membuat salah satu pakar ekonomi digital menyebutkan bahwa seluruh data digital yang ada sejak tahun 1953 sampai tahun 2003 (50 tahun) kini sudah bisa diproduksi hanya dalam waktu dua hari saja.
Artinya, data digital yang kita produksi hanya dalam waktu 2 hari (dari blog, jutaan email yang terkirim, jutaan status dan foto yang kita upload di Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya) sama dengan seluruh data digital yang terkumpul selama 50 tahun.

Ledakan data digital ini masih akan terus berlangsung, dengan kecepatan yang tidak akan menurun, dan perkembangan yang tidak akan mati.
Menanggapi hal tersebut, apa yang akan kita lakukan untuk merespon perkembangan digital?

Related posts

Leave a Reply

close Go to compare table