Jasa Infrastruktur IT Jakarta

“Hey Siri…”

“Ok Google…”

“Alexa..”

 

Seberapa akrab Anda dengan sapaan-sapaan di atas? Ketiga ‘asisten’ tersebut merupakan contoh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. 

 

Ternyata, AI tidak hanya sebatas itu saja, lho! Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi beberapa dekade belakangan ini masyarakat menjadi semakin bergantung pada AI terutama dalam bidang pemasaran. Kemampuannya dalam berbagai hal, seperti mengolah data dalam jumlah besar, memberikan respon yang cepat, membuat AI memberikan banyak keuntungan dalam dunia pemasaran digital.

 

Apa sih yang membuat AI begitu diandalkan, bahkan disebut-sebut dapat mentransformasi digital marketing? Simak 4 keunggulan AI dalam dunia pemasaran digital.

 

  1. Analisa Kebiasaan

             Website dan platform telah merekam kebiasaan pengunjung mereka dan AI membantu membuatkan pola agar analisa dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dengan begini, kampanye bisnis Anda akan lebih tepat sasaran dibandingkan sebelumnya.

 

      2. Personalisasi Konten

              AI akan mengarahkan Anda kepada konten-konten berupa artikel, iklan, video, atau postingan yang Anda sukai. Algoritma AI bekerja berdasarkan laman atau iklan yang Anda lihat sebelumnya, maupun history dari browser Anda.

 

      3. Chatbot

             Aktivitas customer service mulai tergantikan oleh AI. Sudah banyak sekali website bisnis yang mengandalkan Chatbot untuk berinteraksi dengan pelanggan maupun pengunjungnya. Hal inilah yang membantu Customer Service suatu bisnis untuk dapat aktif 24 jam.

 

      4. Meminimalisir Eror

             Manusia memang lebih baik daripada robot. Namun, bicara soal data, manusia juga kerap melakukan yang disebut human error. Lain halnya dengan manusia, robot atau AI dapat melakukan pengolahan data dalam jumlah besar dengan error yang amat sangat minim, dan tentunya tanpa merasa kelelahan.

Masih banyak lagi kelebihan AI yang membuat kehadirannya begitu penting dalam campaign digital marketing. Sebagai pemilik bisnis, dengan menggunakan AI, Anda dan tim Anda dapat fokus hanya kepada peningkatan penjualan dan biarkan AI yang melakukan segala sesuatunya mulai dari riset pelanggan hingga layanan purna jual.

Related posts

close Go to compare table