Di era digital seperti sekarang ini, semakin banyak perusahaan menggunakan sosial media sebagai media untuk melakukan pemasaran. Selain mudah untuk digunakan, sosial media juga merupakan suatu platform untuk mendapatkan banyak audiens dan potensi pelanggan baru. Tetapi, apakah pemasaran di sosial media hanya sekedar membuat akun lengkap dan membuat postingan yang menarik saja? Berikut ini strategi-strategi yang perlu diketahui saat menggunakan sosial media sebagai media untuk pemasaran produk ataupun jasa.

Tentukan tujuan dari strategi pemasaran

Inilah hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat rencana pemasaran apapun di sosial media. Anda perlu menentukan tujuan dari pemasaran, dan pada saat yang sama, juga perlu memastikan sasaran yang dibuat ini dapat tercapai. Apakah itu untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan kualitas penjualan, atau meningkatkan loyalitas konsumen.

Langkah-langkah dan strategi-strategi yang akan diambil akan bergantung pada tujuan pemasaran yang sudah ditentukan. Sepanjang Anda menjalankan strategi untuk mencapai tujuan ini, jangan lupa untuk melakukan evaluasi pencapaian-pencapaian yang telah diraih, karena sangat penting untuk menentukan dimana posisi produk ataupun jasa yang telah dipasarkan.

Fokus pada satu sosial media yang akan digunakan

Iya, tentu saja Anda perlu fokus dengan satu platform sosial media untuk memastikan strategi pemasaran itu berhasil, karena harus memikirkan faktor-faktor penting seperti waktu, biaya, tenaga sumber daya yang mengerjakan dan keahliannya. Dalam menentukan platform sosial media yang akan digunakan, Anda perlu menentukannya berdasarkan kuantitas, audiens sasaran dan konten yang akan dibuat.

Dalam mempertimbangkan kuantitas, Anda perlu memastikan pengguna dalam sosial media tersebut jumlahnya besar. Saat akan melakukan riset audiens, Anda perlu memastikan audiens yang akan dituju sesuai dengan produk yang dipasarkan. Dan saat mempertimbangkan konten, Anda perlu tahu seberapa cocok sosial media tersebut untuk konten teks, gambar ataupun video.

Memperhatikan siklus sosial media

Terdapat 4 tahap dalam siklus kesuksesan sosial media, yaitu Listening, Influencing, Networking dan Social Selling. Keempat tahap ini adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam menggunakan sosial media.

Pada tahap Listening Anda perlu mendengar apa saja yang sedang dikatakan oleh audiens mengenai perusahaan, mengenal apa yang menjadi trend dan mengidentifikasi topik-topik yang dapat digunakan. Di tahap Influencing, saat Anda sudah memahami bagaimana perilaku audiens, tentunya akan mudah untuk menentukan topik apa yang bisa memberi pengaruh terhadap audiens dan akan mengarahkan opini, perilaku dan kebiasaan audiens.

Selanjutnya, di tahap Networking adalah saat yang tepat untuk mulai membangun jaringan dengan orang-orang yang memiliki pengaruh, karena dapat membangun hubungan baik dengan pihak-pihak lainnya. Terakhir, pada tahap Social Selling adalah tahap yang sangat menarik, di tahap inilah penawaran produk mulai dilakukan dan konversi mulai terjadi sehingga dapat meningkatkan tingkat penjualan.

DID&Co yang bergerak di bidang content marketing dapat menerapkan strategi pemasaran konten media sosial karena pengalaman yang telah kami miliki terkait social media marketing.

Untuk informasi tentang Social Media Marketing dan penerapannya untuk bisnis Anda, silakan hubungi kami pada email marketing@didand.co.id

Related posts