Perkembangan teknologi, terutama sosial media meningkat sangat cepat dalam waktu 5 tahun terakhir. Hal ini sangat mempengaruhi cara berjalannya sebuah perusahaan atau bisnis. Salah satunya adalah strategi Public Relation (PR) yang kini dilakukan dengan cara yang berbeda dengan cara tradisional. Dengan tingginya pengguna sosial media, banyak perusahaan yang beralih  menggunakan sosial media untuk kebutuhan PR-nya. Tetapi, apa saja yang dapat dilakukan di sosial media untuk memenuhi kebutuhan PR? Ikuti cara-caranya berikut ini.

Bekerja sama dengan influencer di Media Sosial

Influencer dapat memberikan pengaruh yang sangat besar di media sosial. Selain memiliki jumlah followers yang besar, apa yang dilakukan oleh influencer seringkali memberi dampak bagi pengguna media sosial. Bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan brand dapat meningkatkan jumlah penjualan produk Anda.

Berinteraksi dengan jurnalis

Untuk menjangkau cakupan yang lebih luas, diperlukan interaksi dengan jurnalis. Mereka adalah salah satu pengguna media sosial yang memiliki suara yang sangat didengar oleh publik. Bangun interaksi erat dengan mereka melalui share artikel mereka di media sosial perusahaan. Selain itu, ketahui minat mereka, serta lakukan interaksi lewat percakapan langsung, bukan hanya sekadar promosi.

Pengaruhi konsumen dengan konten

Dalam menggunakan platform media sosial untuk PR, pastikan konten-konten yang digunakan juga dapat menarik perhatian pengguna. Buatlah konten-konten yang topiknya sedang hangat di media sosial supaya dapat menarik minat konsumen. Selain itu, konten juga bisa dibuat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para konsumen.

Membuat pengumuman

Informasi dapat mengalir dengan sangat cepat lewat media sosial. Oleh karena itu, media ini sangat tepat digunakan untuk menyampaikan pengumuman atau informasi dari perusahaan. Anda dapat mengumumkan peluncuran produk baru, update perusahaan, atau informasi-informasi yang terkait dengan produk. Dengan begitu, jangkauan yang lebih luas sangat mungkin untuk dilakukan lewat media sosial.

Saat ini, PR bukan lagi sesuatu yang terisolasi dan monoton. Di era teknologi informasi, ada banyak hal kreatif yang dapat dilakukan dengan PR. Buatlah konten-konten yang menarik dan menggugah, tanggapi pertanyaan-pertanyaan konsumen, begitu juga dengan klarifikasi komentar negatif dari publik di media sosial. Gunakan cara-cara kreatif untuk meningkatkan reputasi dan mendapatkan semakin banyak followers.

DID&Co yang bergerak di bidang digital marketing dapat membantu perusahaan Anda untuk menerapkan strategi PR yang tepat di media sosial. Untuk informasi tentang strategi PR dan penerapannya untuk bisnis Anda, silakan hubungi kami pada email marketing@didand.co.id

Related posts