Strategi untuk Maksimalkan Public Relation di Internet

Public Relation (PR) merupakan bagian penting bagi perusahaan untuk membangun brand atau menjalin hubungan dengan komunitas. Saat ini PR telah berevolusi dan sudah tidak sama seperti pola terdahulu yang hanya digunakan untuk membangun kredibilitas produk atau jasa. Kini PR dilakukan melalui platform-platform di internet dan dapat digunakan untuk menciptakan peluang, serta membuka jalan untuk mencapai target kampanye perusahaan. Berikut ini beberapa cara baru untuk memaksimalkan strategi PR dengan komunitas.

Optimalkan website

Tentu saja di era digital saat ini, website adalah platform yang paling utama untuk melakukan PR dengan komunitas. Pastikan website perusahaan menampilkan desain yang profesional dan updated, dengan menggunakan gambar-gambar atau foto-foto yang berkualitas, serta menampilkan identitas brand yang jelas dan menggunakan konten-konten yang memanggil konsumen untuk bertindak. Penggunaan PR dan rencana pemasaran yang jelas tentu akan meningkatkan traffic ke website perusahaan.

Manfaatkan potensi besar sosial media

Salah satu cara untuk mengoptimalkan PR adalah melalui sosial media. Penting bagi perusahaan untuk hadir di sosial media dan membangun hubungan erat dengan komunitas melalui platform ini. Sosial media yang digunakan perlu memuat konten-konten yang menarik yang dapat meningkatkan engagement dengan followers. Anda juga perlu mengatur seberapa sering konten diposting dan pastikan posting dilakukan pada jam saat traffic sedang tinggi.

Gunakan Search Engine Optimization

Mesin pencari akan mencari dan mengidentifikasi kata kunci yang paling populer, maka penggunaan kata kunci yang tepat dalam konten website atau sosial media perusahaan akan membantu semakin banyak pengguna internet untuk menemukan website atau sosial media produk Anda.

Bangun hubungan dengan orang berpengaruh di internet

Sama halnya seperti PR pada masa lampau, PR saat ini juga membutuhkan kemampuan-kemampuan khusus seperti kreatifitas sosial dan kemampuan persuasif. Untuk itu, penting juga membangun hubungan yang baik dengan orang-orang berpengaruh di internet, seperti editor publikasi online dan blogger-bloger terkenal.

Memperhatikan manajemen reputasi

Manajemen reputasi adalah saat perusahaan memonitor bagaimana pandangan masyarakat luas terhadap brand mereka. Merespon dan mengelola tanggapan-tanggapan dari publik melalui blog, forum dan juga sosial media merupakan salah satu contohnya. Memonitor apa yang sedang dibicarakan oleh konsumen dapat memberi peluang bagi perusahaan untuk melihat apa yang dibutuhkan oleh konsumen, selain itu juga dapat mengambil peluang untuk promosi.

Pada era digital seperti saat ini, cakupan yang baik di internet dengan menggunakan strategi yang tepat merupakan hal yang paling penting agar bisnis tetap berkembang. PR masih berjalan seperti dahulu dengan strategi yang berbeda. Lakukan PR dengan tepat, maka brand Anda akan dikenal jutaan orang.

DID&Co yang bergerak di bidang digital marketing dapat membantu perusahaan Anda untuk menerapkan strategi PR yang tepat di dunia digital. Untuk informasi tentang strategi PR dan penerapannya untuk bisnis Anda, silakan hubungi kami pada email marketing@didand.co.id

Related posts