SEO image optimization

Gambar merupakan salah satu elemen penting pada konten. Bahkan tak jarang gambar menjadi sebuah konten utama. Banyak sekali media sosial yang menggunakan gambar sebagai objek visual utama seperti Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya.

 

Kampanye pemasaran digital yang sukses tidak lepas dari peran SEO. SEO memberikan mesin pencari (search engine) informasi penting, termasuk gambar. Untuk memberikan manfaat gambar secara optimal dengan SEO kepada bisnis anda, simak 4 tips berikut.

 

  1. Gunakan gambar dengan kualitas sebaik mungkin dalam ukuran kecil

Search engine lebih mengutamakan gambar dengan resolusi yang tinggi. Sementara laman web dengan gambar ber-resolusi rendah akan terlihat terdistorsi ketika diakses melalui tablet atau ponsel. Pilihlah gambar dengan kualitas terbaik untuk diunggah ke dalam laman web bisnis anda. Namun, kualitas yang baik harus disertakan dengan ukuran gambar yang kecil (di bawah 1 MB) agar dapat muncul dengan cepat.

 

  1. Format gambar yang tepat

Format gambar seperti JPEG, PNG, GIF harus anda tentukan sebelum anda mengunggah. Masing-masing format berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Seperti misalnya, JPEG untuk gambar dengan lebih banyak warna, sementara PNG untuk gambar kecil seperti icon.

 

  1. Memasukkan caption di dalam gambar anda

Seperti halnya URL, caption juga dapat dijadikan keyword di mesin pencari. Gunakanlah caption yang membuat konten anda lebih catchy namun tetap mudah dimengerti oleh audiens.

 

  1. Penggunaan ALT Teks

ALT teks adalah atribut HTML yang menentukan teks alternatif yang akan ditampilkan ketika gambar tidak dapat ditampilkan. Hal ini bisa saja terjadi ketika audiens anda sedang menggunakan browser yang tidak mendukung gambar. ALT teks sangat membantu untuk menjelaskan gambar yang anda coba tampilkan, ketika gambar tersebut tidak dapat muncul.

 

Keempat langkah di atas merupakan langkah utama sebelum anda mengunggah gambar-gambar anda di media sosial maupun pada laman web bisnis anda. DID&Co. hadir untuk menyempurnakan konten anda agar dapat menarik target audiens yang sesuai dengan bisnis anda. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi marketing@didand.co.id.

Related posts