Industri e-commerce terus berubah secara dinamis setiap waktunya. Kehadiran internet membuat industri ini semakin marak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berikut adalah 3 cara agar bisnis e-commerce Anda semakin efektif dan memiliki jangkauan yang luas.

 

  1. Multi-channel selling

Audiens tidak hanya menggunakan satu jenis channel untuk berbelanja online. Untuk mengembangkan bisnis Anda di dunia online, pastikan produk Anda dapat ditemui dan diakses dengan mudah oleh target audiens.

Membuat situs sendiri adalah salah satu cara agar produk Anda tetap eksis dan mudah ditemukan. Anda juga bisa merambah ke media sosial seperti Facebook, Instagram serta toko-toko online.

 

  1. Proses pembayaran yang mudah

Proses pembayaran adalah hal paling terakhir yang dilakukan oleh pembeli ketika bertransaksi, sekaligus hal yang paling krusial.

Bayangkan pembeli sudah melalui berbagai tahapan untuk melakukan pembelian. Mulai dari proses seleksi, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda. Namun ketika mereka mencapai tahap pembayaran dan menemukan bahwa proses pembayaran produk Anda tidak mudah atau bahkan rumit, apa yang akan mereka lakukan?

Menurut data dari Baymard Institute, sebanyak 70% dari pembeli membiarkan barang-barang mereka ada di keranjang belanja (cart) tanpa menyelesaikan pembayaran. Dan menurut data yang sama, 28% dari mereka yang meninggalkan barang-barang di cart adalah akibat dari proses pembayaran yang terlalu rumit.

Pastikan pembayaran dapat dilakukan dengan mudah oleh pelanggan untuk proses belanja yang memuaskan.

 

  1. Custom packaging.

Kedengarannya memang sepele. Tapi ternyata, kemasan produk memiliki pengaruh yang cukup signifikan atas pengambilan keputusan pembelian, lho! Sebagian pembeli merasa lebih tertarik untuk membeli produk dengan kemasan yang unik. Dapat disimpulkan bahwa kemasan juga memiliki peranan penting dalam positioning suatu produk.

 

Apabila Anda memiliki bisnis e-commerce, maka ketiga poin di atas seharusnya sudah tercantum dalam resolusi Anda untuk tahun ini. DID&Co. dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dan bersiap menghadapi tantangan tahun 2019 dan tahun-tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi marketing@didand.co.id.

Related posts