Influencer marketing merupakan cara promosi atau pemasaran dengan menggunakan influencer di sosial media. Sedangkan influencer adalah orang-orang yang mempunyai followers atau audiens yang cukup banyak di sosial media dan berpengaruh cukup besar terhadap audiens mereka, seperti artis, blogger, selebgram, dan lainnya.

 

Pengaruh yang ditimbulkan antara lain adalah apa yang mereka sampaikan, bahkan yang mereka pakai, dianggap menginspirasi bagi para followersnya. Sebagai gabungan antara endorsement dan penggunaan media sosial, tidak sedikit followers yang akhirnya membeli produk yang mereka pasarkan. Teknik pemasaran menggunakan influencer ini terbilang efektif, mengingat konsumen sudah meninggalkan iklan dan beralih ke media sosial untuk melihat konten dari para influencer yang mereka ikuti.

  1. Di tahun yang akan datang, influencer profesional akan lebih digemari oleh baik pemasar dan konsumen. Pemasar akan fokus bereksperimen dengan influencer marketing, karena mereka dianggap bisa menumbuhkan kepercayaan para followers di jejaring sosial. Mereka dapat berinteraksi dengan followers dengan leluasa dengan tetap bisa memonitor jumlah views dari konten tersebut.

 

  1. Influencer marketing tidak lepas dari storytelling. Para influencer cenderung untuk menceritakan pengalaman mereka dan menjadikannya konten yang unik bagi para followersnya. Cerita yang menarik tentang sebuah produk dari influencer membuat followers lebih tertarik untuk melakukan pembelian, sekalipun harga yang ditawarkan lebih mahal dari produk sejenis lainnya.

 

  1. Sebaiknya influencer memasarkan produk yang sudah mereka pakai sebelumnya. Pemasar memastikan bahwa influencer produk mereka adalah pengguna, agar para influencer dapat memberikan feedback positif mengenai produk tersebut secara spesifik sesuai dengan pengalamannya.

 

Teknik pemasaran menggunakan influencer adalah salah satu dari banyak teknik pemasaran lainnya. Oleh karena itu, pemilik bisnis sebaiknya jangan terfokus 100% kepada teknik ini. Mulailah menentukan influencer untuk bisnis Anda dan eksplor teknik pemasaran lainnya bersama DID&Co. yang berpengalaman dalam bidang konten pemasaran. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui marketing@didand.co.id.

Related posts