Dunia marketing terus berkembang setiap waktu. Namun satu hal yang pasti: konten marketing akan tetap menjadi alat strategis untuk memberikan kesadaran merek (brand awareness) dan menarik pelanggan baru. Industri konten marketing diperkirakan akan bertumbuh dan bernilai lebih dari 400 miliar dolar AS pada 2021.

Penting bagi perusahaan-perusahaan modern untuk memahami tren sesuai dengan industrinya. Berikut adalah prediksi tren konten marketing di tahun 2019.

Video/live video mendominasi

Konten berisi video dan/atau live video sudah banyak muncul di web sedikit demi sedikit. Menurut Washington Post, video akan mendominasi 80% dari seluruh traffic di internet pada tahun 2019 mendatang.

Konten panjang

Bukan untuk membuang waktu, namun justru sebaliknya. Konten panjang akan memberikan informasi yang lengkap yang dapat digunakan sebagai sumber terpercaya. Oleh sebab itu, konten panjang diprediksi akan menjadi lebih penting di tahun 2019. Sebuah konten dapat dikatakan panjang apabila jumlah kata mencapai atau lebih dari 2000.

Kontrol suara (Voice control)

Pada tahun yang akan datang, setengah dari seluruh permintaan pencarian diprediksi akan berbasis suara. Para pengguna internet biasanya sering menggunakan kontrol suara saat tangan mereka penuh atau ketika mengemudi.

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)

Chatbots tentu bukanlah hal asing bagi sebagian besar pengguna internet. Jenis kecerdasan buatan (AI) ini akan lebih banyak mendukung pemasar untuk memberikan pelayanan yang terpusat pada pelanggan untuk tingkatan yang lebih baik.

Momen-mikro

Kecenderungan pengguna internet untuk “mendongeng” pada momen mikro akan semakin marak di 2019. Perilaku ini menciptakan peluang bagi merek dagang untuk ikut serta dalam perjalanan pelanggan sehari-hari. Konsumen akan memiliki koneksi yang lebih dalam dengan perangkat seluler mereka sehingga mereka akan mencari informasi lewat ponsel pintar sebelum melakukan pembelian.

Jadi, apakah Anda sudah siap menyambut 2019? DID&Co. siap membantu Anda dalam memberikan informasi dan strategi terbaik untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis Anda di tahun 2019. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui marketing@didand.co.id.

Related posts