artikel_cloud - 29 Oct 2020

Indonesia memiliki puluhan juta UMKM. Sangat disayangkan jika bisnis-bisnis tersebut tidak berkembang karena kurangnya sumber daya untuk membeli, memelihara, dan mengamankan sistem informasi bagi bisnis UKM.

Apabila Anda salah satu pemilik bisnis UMKM dan mengkhawatirkan hal yang sama, tidak usah risau lagi. Teknologi cloud computing mungkin dapat menjadi solusi keterbatasan biaya IT Anda.

Apa itu Cloud Computing?

Komputasi awan atau yang lebih akrab disapa cloud computing adalah sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi. Cloud computing menyediakan berbagai jenis layanan seperti hardware, infrastruktur, platform, dan aplikasi. 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan penggunaan cloud computing pada bisnis UMKM.

  1. Keamanan terjamin.

Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa menyimpan dokumen dan data pada cloud tidak aman. Tidak usah takut. Cloud justru memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi, lho. 

  1. Menyimpan big data.

Cloud dapat menyimpan big data seperti data pelanggan, produk, transaksi, maupun konten, teks audio, video, foto, dan lain sebagainya. UMKM bisa menyimpan big data mereka tanpa harus membeli server.

  1. Kenyamanan akses.

Cloud computing memberi kemudahan bagi penggunanya untuk dapat mengakses data melalui berbagai jenis perangkat, seperti komputer, laptop, tablet, smartphone. Di manapun Anda berada, Anda tetap memiliki akses ke cloud Anda dengan cepat.

Masih banyak lagi keuntungan yang Anda bisa nikmati apabila menggunakan cloud. Nah, apakah Anda tertarik untuk beralih ke cloud computing untuk bisnis Anda?

Related posts

close Go to compare table